Kembangkan Ekonomi Pesantren, Sandiaga Gulirkan Program Juragan Lele Lalap

Senin, 25 April 2022 - 12:45 WIB
loading...
Kembangkan Ekonomi Pesantren, Sandiaga Gulirkan Program Juragan Lele Lalap
Menparekraf Sandiaga Uno di Yayasan Pondok Pesantren Sekolah Alam Tunas Mulia, Sumur Batu, Bantar Gebang, Bekasi, Minggu (24/4/2022). FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Yayasan Pondok Pesantren Sekolah Alam Tunas Mulia, Sumur Batu, Bantar Gebang, Bekasi. Menperakraf menggulirkan Program Juragan Lele Lalap menyasar wali murid dan santri pondok pesantren yang berada di Kampung Cisalak melalui budidaya ikan dalam ember (budikdamber).

"Hari ini saya berkunjung ke Bantar Gebang, Kota Bekasi, untuk menyalurkan program wirausaha praktis budikdamber dan juga sayur mayur," ujar Sandiaga, baru-baru ini. Program tersebut bekerja sama dengan Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) dalam membangkitkan perekonomian pasca pandemi.



Lewat program ini, Sandiaga berharap dapat membantu warga sekitar dalam menangani kenaikan harga bahan pokok.

"Kegiatan juragan lele lalap dapat membantu warga di tengah harga bahan pokok yang melonjak. Sehingga peluang usaha dan lapangan kerja tercipta," kata Sandiaga. "Kita harapkan juga dengan adanya pemberdayaan ini dapat meningkatkan nilai ekonomi, dari usaha kita untuk memasuki era baru pasca pandemi yang lebih baik," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga memberikan 200 unit ember budidaya ikan lele. Menparekraf juga memberikan 10.000 benih ikan lele dan 1.600 lubang tanam kangkung.



Lebih lanjut, program ini juga memberikan pelatihan dan pendampingan hingga masa panen pertama. Diharapkan, kegiatan ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. "Program ini juga diberikan pelatihan dan pendampingan pada proses panen pertama," ucap Sandiaga.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)