Sukses Salurkan 90% STB Tahap I, Kominfo Apresiasi Pos Indonesia

Selasa, 26 April 2022 - 16:30 WIB
loading...
Sukses Salurkan 90% STB Tahap I, Kominfo Apresiasi Pos Indonesia
Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Ismail
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengapresiasi PT Pos Indonesia dalam penyaluran Set Top Box (STB) untuk menyukseskan migrasi TV analog ke digital. Target penyaluran tahap pertama hampir tuntas.

Penyaluran STB gratis ini merupakan bagian dari upaya percepatan migrasi TV analog ke digital, sesuai Undang-Undang Cipta Kerja dan antisipasi menghadapi perubahan global. Semua TV analog yang dimiliki masyarakat akan otomatis tidak berfungsi pada November 2022, atau terdapat analog switch off (ASO).

(Baca juga:TV Analog Segera Berakhir, Ini Cara Berganti TV Digital)

TV akan kembali berfungsi menjadi digital dengan penambahan alat bernama STB. Sejauh ini, Kominfo dan penyelenggara MUX berkomitmen membagikan STB gratis kepada 6,7 juta keluarga.

“Kami mengapresiasi kerja sama dengan PT Pos Indonesia, karena kami tahu kendalanya luar biasa untuk melakukan pembagian STB serentak dalam jumlah besar dan di daerah-daerah yang cukup sulit,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Ismail dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

(Baca juga:Masyarakat Diingatkan Siap-siap Migrasi ke TV Digital)

Pada tahap pertama, Kominfo menyediakan 87.310 unit STB dengan tenggat penyaluran hingga 30 April 2022. Ismail mengaku puas dengan capaian jumlah penyaluran yang signifikan.

“Kami setiap hari mendapat laporan penyaluran dari teman-teman PT Pos Indonesia. Saat ini, sudah 90-an% angkanya. Insya Allah menjelang 30 April ini, seluruh 87.000 STB akan selesai disalurkan,” ujar Ismail.

Adapun target penyaluran STB untuk 6,7 juta keluarga penerima manfaat (PKH) berasal dari data Kementerian Sosial (Kemensos). Kominfo berkomitmen membagikan sekitar 900.000 STB tahap kedua hingga Agustus 2022.

(Baca juga:Lewat Simulcast, Ayo Nikmati Kualitas Siaran TV Digital)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)