Gelar Mudik Gratis, Dirut Jasa Raharja: Setiap BUMN Menyumbang hingga Rp15 Miliar

Rabu, 27 April 2022 - 22:55 WIB
loading...
Gelar Mudik Gratis, Dirut Jasa Raharja: Setiap BUMN Menyumbang hingga Rp15 Miliar
Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Rivan A Purwantono. Foto/MPI/Suparjo Ramalan
A A A
JAKARTA - Anggaran yang digelontorkan setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk program Mudik Gratis cukup fantastis. Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Rivan A Purwantono mencatat, setiap perusahaan pelat merah menyumbang dana hingga menyentuh Rp15 miliar.

Tercatat, ada 25 BUMN yang berpartisipasi dalam program Mudik Gratis ini. Jasa Raharja sendiri bertindak sebagai koordinator dalam program tersebut.

"BUMN secara keseluruhan berbeda-beda (dana), tapi memang harusnya cukup signifikan, contoh misalnya karena BUMN mengalokasikan masing-masing ya perkiraan hampir sekitaran Rp15 miliar setiap BUMN untuk kegiatan ini (Mudik Gratis)," ungkap Rivan saat ditemui di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (27/4/2022).



Adapun total moda transportasi bus yang disediakan BUMN mencapai 542 unit. 542 unit bus ini menuju ke 39 kota tujuan dan membawa pemudik sekitar 24.605 orang.

Sementara, moda transportasi kereta api yang disediakan sebanyak 166 rangkaian kereta dengan 15.000 pemudik menuju 39 kota tujuan.

Rivan mencatat, inisiatif Mudik Gratis merupakan kesempatan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat untuk melakukan bersilaturahmi dengan sanak keluarga, setelah selama 2 tahun kegiatan menjelang lebaran ini ditiadakan lantaran Covid-19.

"Alhamdulillah dengan sangat cepat waktunya karena biasanya persiapan mudik ini agak cukup lama, dan alhamdulillah 25 BUMN telah dapat mengumpulkan 542 bus pada kesempatan pagi hari ini," terang dia.

Rivan juga menilai kegiatan ini menjadi dukungan penuh Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah kepada masyarakat. Dia pun berharap perjalanan mudik ini tetap aman dan sehat.



"Dan kita mulai menerapkan verifikasi sejak pendaftaran pertama dibuka. Semoga dalam perjalanan mudik aman, mudik sehat bersama BUMN 2022 ini semua pemudik lancar dan kemudian kembali sehat sampai di Jakarta kembali," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)