Kementan Gelar Pangan Murah di Sumatera Selatan

Kamis, 28 April 2022 - 11:42 WIB
loading...
Kementan Gelar Pangan Murah di Sumatera Selatan
Kepala Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP Kementan (Pusdiktan) Idha Widi Arsanti (tengah) saat meninjau Gelar Pangan Murah.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menggelar pangan murah. Kali ini kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan pangan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini berlangsung di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa pangan dan pertanian adalah sektor vital yang tidak boleh berhenti sedetikpun. “Dalam kondisi dan situasi apapun, pertanian dituntut untuk terus berproduksi, dituntut bisa memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat, oleh karena itu, pertanian tidak boleh berhenti,” ungkap Syahrul dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/4/2022).

(Baca juga:Kementerian Pertanian Jaga Stabilisasi Harga Ayam Potong)

Sejalan dengan itu, Kementan terus memastikan stok kebutuhan pokok di pasar aman dalam menghadapi tingginya permintaan kebutuhan pokok menghadapi bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Gelar Pangan Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kementan melalui Tim Pengawalan dan Monitoring Ketersediaan Bahan Pangan Pokok terus bekerja maksimal untuk memastikan stok pangan dan harga stabil di pasar.

(Baca juga:Kementerian Pertanian Salurkan 1.750 Paket Sembako untuk Sulsel)

“Penting untuk harus terus menjamin kebutuhan pangan agar tak ada satu orang pun yang luput pemenuhan kebutuhan pangannya. Oleh karenanya, mari kita bahu membahu dalam hal swasembada pangan agar ketahanan pangan kita terjamin,” ujar Dedi.

Hadir mewakili Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumatera Selatan Ekawati Retnaningsih. Dia mengatakan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan Pemprov Sumatera Selatan sebagai tindakan antisipasi terhadap kenaikan harga, baik pada saat Ramadan maupun Hari Raya Idul Fitri, melalui kegiatan pasar murah yang dilaksanakan Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center Sumatera Selatan.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti mengungkapkan bahwa Kementan menyambut baik adanya kegiatan Gelar Pangan Murah Menjelang HBKN Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat meningkatkan daya beli masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3000 seconds (0.1#10.140)