Yeay, Sejumlah Destinasi Wisata di Jakarta Resmi Dibuka Hari Ini

loading...
Yeay, Sejumlah Destinasi Wisata di Jakarta Resmi Dibuka Hari Ini
Foto/SINDOnews
JAKARTA - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengingatkan, dalam New Normal untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, pelaku usaha harus memperhatikan protokol kesehatan. Disiplin tidak hanya untuk pengunjung saja tapi juga untuk pihak manajemen dan karyawan.

"Ini kesepakatan kami bersama dengan pelaku usaha. Mereka harus batasi kapasitas 50% dan pasang pakta integritas yang harus dilaksanakan. Bila mereka melanggar akan ada sanksi sesuai peraturan," ujar Cucu hari ini dalam Sosialisasi Kenormalan Baru Sektor Parekraf secara live streaming (20/6/2020).

Sementara itu, Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan, destinasi wisata Ancol telah resmi dibuka hari ini. Ada beberapa hal yang sangat diperhatikan pihaknya dalam kondisi New Normal. Pertama adalah kapasitas yang disediakan hanya 50% demi para pengunjung bisa menjaga jarak satu sama lain.

"Slogan kami kini Senang, Selamat, Bareng Bareng (SSBB) untuk pengunjung. Kami terus pantau animo masyarakat. Fokus kami menjaga protokol kesehatan khususnya tingkat kepadatan pengunjung. Dunia Fantasi juga sudah dibuka hari ini," ujar Rika di acara yang sama. ( Baca:Saat New Normal, Pariwisata Fokus Jaring Wisatawan Domestik )



Beberapa aturan teknis lainnya adalah pengunjung belum bisa melakukan aktivitas renang di beberapa wahana seperti sebelumnya. "Tidak diperkenankan untuk aktivitas berenang di pantai. Begitupun halnya dengan Dunia Fantasi, Sea World Ancol, dan Ocean Dream Samudera juga akan dibatasi jumlah pengunjung setiap harinya," tambah Rika.

Selain itu manajemen juga menetapkan bahwa pengunjung dengan usia tertentu juga tidak diperkenankan masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Prioritas untuk pengunjung juga dibatasi hanya untuk warga DKI Jakarta pada saat ini. "Untuk usia di bawah lima tahun kemudian di atas 50 tahun dan ibu hamil tidak diperkenankan rekreasi ke Ancol," sambungnya.

Pada jam operasional sejumlah wahana mengalami penyesuaian seperti Dunia Fantasi buka pukul 10.00-17.00 WIB, Ocean Dream Samudera dan Sea World Ancol pukul 09.00-17.00 WIB.



Persiapan lain yang dilakukan di antaranya seperti penyemprotan disinfektan di sejumlah wahana seperti di Sea World Ancol. Fasilitas tempat cuci tangan juga disiapkan di dekat pintu masuk. Begitu pun dengan wahana di Dunia Fantasi (Dufan) seperti Ontang Anting yang dipasangi tanda untuk jaga jarak fisik antara pengunjung satu dengan pengunjung lainnya.

Rika mengatakan pihaknya juga akan menerapkan akses masuk dalam pembelian tiket reservasi daring. Sehingga masyarakat dapat sekaligus membeli akses Ancol sekaligus dengan tiket wahana.

Rika menceritakan bahwa pihaknya juga sudah tidak lagi menerapkan sistem penjualan tiket secara konvensional, melainkan sistem daring melalui situs resmi pengelola. "Kami tidak menjual tiket secara offline, tapi online. Semuanya itu bisa diakses melalui web Ancol dan melakukan reservasi terlebih dahulu," tutup Rika.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top