Menperin Tantang Calon Anak Buahnya untuk Majukan Sektor Industri

Selasa, 10 Mei 2022 - 19:25 WIB
loading...
Menperin Tantang Calon Anak Buahnya untuk Majukan Sektor Industri
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menantang CPNS-nya untuk memajukan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menantang calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Perindustrian agar sektor industri menjadi kontributor utama dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Agus menargetkan sektor industri bisa berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi sebesar 24% pada 2030.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Masih Tinggi, Fraksi PKS Minta Menperin Bekerja Serius

"Ini tugas-tugas Anda semua sebagai generasi penerus. Strateginya seperti apa silakan dipikirkan," kata Menperin Agus saat memberikan kegiatan Inspiring Lecture dan Pembukaan Latihan Dasar CPNS Kemenperin di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Agus mengatakan sektor industri menjadi kontributor dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Sektor industri menyubang 19,19% terhadap pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2020.

Selain itu, Menperin menyampaikan bahwa aparatur sipil negara (ASN) Kemenperin dituntut untuk mampu memahami dan mendalami berbagai permasalahan yang dihadapi sektor industri untuk dapat memproteksi industri dalam negeri agar semakin tumbuh serta meningkatkan kontribusi terhadap sektor ekonomi.

Salah satu contohnya adalah dengan mengeluarkan kebijakan pemberian Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) pada saat pandemi Covid 19. Dengan kebijakan IOMKI industri tetap beroperasi namun tetap memenuhi komitmen menjaga lingkungannya tetap sehat.



Hasilnya, pada triwulan I-2022, sektor industri pengolahan nonmigas tumbuh mencapai 5,47%, melebihi pertumbuhan ekonomi yang sebesar 5,01%.

“Oleh karena itu, SDM aparatur Kemenperin harus dapat memahami dinamika sektor perindustrian dan perekonomian secara global. Setiap ASN juga perlu adaptif terhadap teknologi dan perubahan yang terjadi untuk menjawab tantangan digitalisasi dan meningkatkan kinerja pelayanan menjadi lebih cepat, akurat, efektif, efisien, dan optimal,” tegas Menperin.

Kepada 749 orang CPNS Kemenperin itu, Agus menambahkan untuk mendukung Indonesia mampu bersaing di era global, Kemenperin membutuhkan SDM aparatur yang mau terus-menerus mengasah dirinya. ASN juga ditargetkan menjadi Smart ASN yang memiliki nilai dasar ber-AKHLAK dan branding Bangga Melayani Bangsa, seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Mengapa Rusia Tak Kerahkan Jet Tempur Siluman Su-57 dalam Perang Ukraina?

“Sehingga para ASN mampu menjalani peran sebagai motor penggerak dalam pembangunan nasional dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tegasnya.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2153 seconds (11.210#12.26)