Gandeng Swasta, Kementan Siapkan Lokasi Magang Petani Milenial Kalsel

Rabu, 11 Mei 2022 - 21:25 WIB
loading...
Gandeng Swasta, Kementan Siapkan Lokasi Magang Petani Milenial Kalsel
Para pelajar SMK-PP Negeri Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang akan mengikuti Program Pemagangan Bersertifikat.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama International Fund for Agriculture Development (IFAD) mendukung transformasi pertanian berkelanjutan di perdesaan melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Services (YESS). Program YESS merupakan upaya percepatan regenerasi petani di Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menaruh harapan besar pada generasi milenial dalam pembangunan pertanian. Pasalnya, generasi milenial harus siap dan berani menjadi petani atau mendirikan startup pertanian.

“Usaha pertanian itu paling pasti untuk dilakukan. Selain untuk ekonomi, bisa juga membuka lapangan kerja. Coba bandingkan dengan usaha tambang yang membutuhkan waktu 10 sampai 20 tahun, barulah mendatangkan hasil. Kuncinya, pada kemauan dan pintar membaca peluang,” kata Mentan Syahrul dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/5/2022).

(Baca juga:Membangkitkan Petani Milenial)

Pendapat senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi yang menyatakan bahwa sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial.

“Menggunakan kreativitas dan inovasinya, sehingga pertanian ke depan menjadi modern. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, juga berorientasi ekspor,” katanya.

Guna terus mencetak generasi muda bidang pertanian terutama Kalsel, maka Provincial Project Implementation Unit (PPIU) sebagai pelaksana Program YESS di Kalsel, berencana melaksanakan pemagangan bagi Calon Penerima Manfaat (CPM) Program YESS.

(Baca juga:Peran Petani Milenial Dongkrak Perekonomian)

Pelaksanaan pemagangan diawali penandatanganan kerja sama dengan mitra swasta yang menjadi lokasi pemagangan pada Senin (9/5/2022) oleh Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru Budi Santoso pimpinan PT Buana Karya Bakti dan PT Siska selaku mitra swasta.

“Program Pemagangan Bersertifikat bertujuan menghasilkan wirausahawan muda perdesaan di bidang pertanian sebagai tenaga kerja yang kompeten maupun wirausaha pertanian,” kata Budi Santoso.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)