Sukses Gelar TWG 1, Labuan Bajo Makin Pede jadi Tuan Rumah Ajang Internasional

Kamis, 12 Mei 2022 - 11:11 WIB
loading...
Sukses Gelar TWG 1, Labuan Bajo Makin Pede jadi Tuan Rumah Ajang Internasional
Waterfront City di Labuan Bajo, NTT. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Gelaran "The 1st Tourism Working Group (1st TWG)" telah rampung diselenggarakan di Labuan Bajo , Nusa Tenggara Timur (NTT), selama dua hari pada 10-11 Mei 2022.

Digelar secara hybrid di Sudamala Resort Labuan Bajo, 1st TWG sebagai salah satu working group dari Presidensi Indonesia pada KTT G20 tahun 2022, menjadi ruang bertukar gagasan, pengalaman, hingga best practice dari negara-negara G20 serta negara tamu dan lembaga internasional.

Dengan terpilihnya Labuan Bajo sebagai salah satu venue Side Event G20, semakin banyak mata memandang Labuan Bajo pada khususnya dan NTT pada umumnya.

Sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Labuan Bajo bukan lagi sekadar tempat berlibur, tetapi juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai pertemuan, rapat, dan aktivitas lainnya berskala nasional dan internasional lainnya.

Setelah sebelumnya sukses menjadi tuan rumah Asia International Water Week (AIWW) pada Maret lalu, Labuan Bajo kembali menjadi tuan rumah penyelenggaran side event G20 yang salah satunya adalah TWG 1.

Adapun isu utama yang dibahas pada TWG 1 adalah penguatan masyarakat sebagai agen perubahan untuk transformasi pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan yang berpusat pada lima pilar aksi, sehingga pemulihan dan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19 dapat dirasakan masyarakat.



Sebagai satuan kerja di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk menyukseskan penyelenggaraan side event G20 terutama TWG 1 ini.

Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Frans Xaverius Teguh mengatakan, BPOLBF berkoordinasi dengan lintas kementerian/lembaga (K/L) terkait untuk merampungkan beberapa pembangunan guna menyukseskan G20.

“Kemenparekraf/Baparekraf bersama pemerintah pusat terus melakukan pengawasan di lokasi pendukung penyelenggaraan event G20, yang salah satunya berada di Labuan Bajo. BPOLBF bersama kementerian lembaga dan stakeholder telah merampungkan pengembangan Waterfront City di Labuan Bajo, untuk mendukung penyelenggaraan TWG 1," ujarnya, dikutip Kamis (12/5/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)