Agresif, RI Targetkan Perdagangan dengan AS Capai USD60 Miliar di 2024

Jum'at, 13 Mei 2022 - 22:19 WIB
loading...
Agresif, RI Targetkan Perdagangan dengan AS Capai USD60 Miliar di 2024
Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Roeslani. FOTO/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Roeslani optimistis Indonesia mampu mencapai target peningkatan perdagangan USD60 miliar dengan AS di 2024.

"Kita lihat dari perdagangan kita, itu mencapai target USD60 miliar pada 2024. Jadi tinggal dua tahun lagi. Tapi kalau dilihat dari trennya Insya Allah ini bisa tercapai pada tahun 2024 dan di 2025," ujarnya dalam keterangan pers, di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Jokowi Singgung Dampak Perang Rusia-Ukraina di Depan Anggota Kongres AS

Menurutnya hal itu bisa terjadi karena Indonesia memiliki banyak daya tarik. Mulai dari bonus demografi, jumlah populasi, skala bisnis dan juga posisi Indonesia sebagai Presiden G20 pada tahun ini.

"Tidak hanya dari segi potensi, tetapi juga dari segi kebijakan Indonesia yang makin meningkat yang menyebabkan invesment friendly," Ujarnya.

Selain itu, Rosan juga menyampaikan para pengusaha di AS menyambut baik Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja. Produk legislasi itu dinilai mencerminkan keberlanjutan reformasi struktural perekonomian di Indonesia.



"Efek dari Omnibus Law ini luar biasa dari segi perdagangan dan investasi, dan itu sangat diapresiasi dari berbagai pihak, sektor swasta, pemangku kepentingan dan tentunya dunia usaha," ujarnya.

Baca Juga: Temui CEO Kakap AS, Ini Sederet Permintaan Jokowi

Rosan menambahkan dalam kerjasama perdagangan dengan AS pada 2021 mengalami peningkatan kurang lebih 36 persen. Dari kenaikan tersebut total perdagangan dengan AS mencapai USD37 miliar.

"Jadi totalnya kita dengan Amerika itu ada USD37 miliar dengan peningkata 37 persen dibandingkan tahun sebelumnya dari segi perdagangan. Dan tren ini sedang meningkat di 2022," ujarnya.

(nng)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3674 seconds (11.252#12.26)