MotionBanking dan Kredit Pintar Berikan Rekomendasi Ide Usaha Modal Kecil Minim Pesaing

Rabu, 18 Mei 2022 - 09:59 WIB
loading...
MotionBanking dan Kredit Pintar Berikan Rekomendasi Ide Usaha Modal Kecil Minim Pesaing
Sekarang siapapun bisa memulai usaha sendiri, asalkan memiliki waktu, kemampuan, dan modal dana. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Sekarang siapapun bisa memulai usaha sendiri, asalkan memiliki waktu, kemampuan, dan modal dana. Di sisi lain, usaha modal kecil bisa menjadi ide yang bagus untuk dicoba bagi Anda yang ingin memulai berbisnis namun belum rela untuk mengeluarkan modal yang relatif besar.

Namun, apakah usaha modal kecil bisa bertahan dalam jangka waktu panjang? Dalam artikel ini, Anda akan menemukan tips memulai dan berbagai ide usaha modal kecil.



Tips Memulai Usaha Modal Kecil
Meskipun dimulai dengan modal kecil, Anda tak perlu khawatir tidak bisa maju. Berikut adalah berbagai tips yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha modal kecil

1. Kenalkan produk/jasa yang dijual, ke orang terdekat
Dengan modal terbatas, artinya Anda juga akan membatasi biaya pemasaran usahamu. Eits, jangan berkecil hati dulu karena hal ini bisa disiasati dengan mengenalkan usahamu ke orang terdekat.

Manfaatkan fitur status pada aplikasi WhatsApp untuk mempromosikan produk/jasa yang dijual agar banyak orang yang mengetahuinya. Biasanya, jika ada penonton status yang tertarik, mereka akan langsung merespon status yang dibagikan, sehingga cara ini cenderung mempermudah calon konsumen untuk mengenal produk/jasa yang dijual.

2. Membuat target pencapaian agar usaha modal kecil bisa berkembang
Dalam menjalankan usaha, mungkin ada satu waktu di mana Anda merasa lelah dan merasa bahwa usaha yang dijalankan tidak bisa berkembang lagi. Hati-hati, bisa jadi hal ini disebabkan karena Anda tidak membuat target pencapaian.

Padahal dalam berbisnis, baik dengan modal besar maupun kecil, target pencapaian adalah hal yang wajib dimiliki agar pemiliknya bisa menilai perkembangan bisnis yang dijalankan.

Misal, seorang pemilik bisnis menetapkan target penjualan bulanan sebesar 10 barang, namun ternyata hanya berhasil melakukan penjualan 8 barang. Dari ilustrasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa pemilik bisnis tidak bisa memenuhi target. Jadi, untuk mengetahui perkembangan bisnis, buatlah target pencapaian.

3. Konsisten menjalankan bisnis
Bukan rahasia lagi jika berbisnis terkadang cukup menguras emosi dan energi. Namun, jika kegiatan berbisnis dilakukan secara konsisten untuk mencapai target, akan ada rasa kemenangan yang bisa dinikmati nantinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)