Pacu SDM Pariwisata Unggul, Menparekraf: Poltekpar Rp400 Miliar Dibangun di Sragen

Rabu, 18 Mei 2022 - 21:25 WIB
loading...
Pacu SDM Pariwisata Unggul, Menparekraf: Poltekpar Rp400 Miliar Dibangun di Sragen
Menparekraf Sandiaga Uno menyaksikan Penandatangan Perjanjian Hibah Pemkab Sragen dengan Kemenparekraf di Pendopo Bupati Sragen, Jawa Tengah. Foto/Ist
A A A
SRAGEN - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) dan Pemerintah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, menandatangani perjanjian hibah tanah untuk pembangunan Politeknik Pariwisata.



Penandatanganan perjanjian hibah tanah dari Pemkab Sragen ke Kemenparekraf dilakukan Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani dengan Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sragen Tatag Prabawanto.

"Alhamdulillah hari ini Pemkab Sragen menghibahkan tanah seluas 20 hektare kepada Kemenparekraf untuk pembangunan Kampus Politeknik Negeri Jawa Tengah," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno seusai menyaksikan Penandatangan Perjanjian Hibah Pemkab Sragen dengan Kemenparekraf di Pendopo Bupati Sragen, Sragen, Jawa Tengah, dikutip Rabu (18/5/2022).

Poltekpar Sragen nantinya akan berdiri di atas lahan lebih dari 20 hektare yang terletak di Kelurahan Kwangen, Kelurahan Gemolong, dan Kelurahan Gambar.

Nantinya, Poltekpar Sragen akan melengkapi sejumlah perguruan tinggi negeri pariwisata di bawah naungan Kemenparekraf/Baparekraf sebelumnya, yakni Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Lombok, dan Poltekpar Palembang.

Pembangunan Politeknik Pariwisata ini sebagai upaya mewujudkan terciptanya sumber daya manusia (SDM) pariwisata unggul dan berdaya saing. Hal ini tak lain dalam upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.



Sandi mengatakan saat ini perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air semakin baik seiring dengan penanganan pandemi Covid-19. Perkembangan ini tentu harus ditunjang dengan keberadaan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi lokomotif yang dibangun, tapi SDM-nya masih kurang. Atas arahan Presiden juga dari mitra kami di Komisi X, SDM ini harus dikembangkan dan poltekpar-poltekpar yang kami miliki harus menjangkau DPSP Borobudur yang membutuhkan SDM mumpuni," kata Sandiaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)