Gandeng BNI Syariah, Dompet Dhuafa Luncurkan Layanan Chat Pay

Senin, 22 Juni 2020 - 20:22 WIB
loading...
Gandeng BNI Syariah, Dompet Dhuafa Luncurkan Layanan Chat Pay
foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam memudahkan masyarakat berdonasi dan berkurban di tengah pandemi Covid-19, Dompet Dhuafa menggandeng BNI Syariah meluncurkan Chat Pay (WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking), sebagai layanan kemudahan berkurban dan berdonasi saat ini.

Kemudahan tersebut menambah layanan masyarakat untuk berdonasi dan berkurban di kondisi tatanan baru kehidupan akibat pandemi Covid-19.

Layanan tersebut diharapkan untuk memudahkan masyarakat berdonasi baik dalam menunaikan zakat, sedekah, infak, dan wakaf, yang dapat diakses hanya dengan ponsel pintar. Sehingga, saat masyarakat tetap beraktivitas dari rumah atau dalam pembatasan sosial, tetap dapat menggulirkan kebaikan-kebaikan untuk sesama.

“Melalui Chat Pay, Dompet Dhuafa mengajak semua lapisan masyarakat untuk berkurban dan berdonasi, semudah menarikan jari tangan di layar smartphone. Kemudahan tersebut menjadi kemasan terbaru berbagi kebaikan dari Dompet Dhuafa di tengah pandemi Covid-19,” ucap Imam Rulyawan, selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa di Jakarta, Senin (22/6/2020).

Perkembangan teknologi komunikasi menjadi motivasi Dompet Dhuafa untuk terus menghadirkan kemudahan berdonasi hingga membayar kurban dari genggaman. Munculnya beberapa pilihan membayar kurban secara online atau melalui aplikasi digital, turut mendongkrak penghimpunan dana sosial termasuk kurban.

Kecanggihan teknologi komunikasi masa kini bisa memudahkan masyarakat untuk membayar donasi hingga berkurban, baik itu melalui aplikasi digital khusus maupun transfer bank. Adanya Chat Pay tentu menambah daftar layanan kemudahan tersebut.

“Di tengah pandemi Covid-19, teknologi komunikasi sangat berperan vital terutama pada layanan berkurban maupun berdonasi. Ragam fitur dan kanal kurban serta donasi, dapat memudahkan masyarakat melakukan transaksi dengan tidak mengurangi kebermanfaatannya. Platform kemudahan berkurban dan berdonasi, didukung oleh sistem BNI Syariah,” terangnya.

Sementara itu, pengamat ekonomi makro, Dr. Hendri Saparini, mengatakan, WhatsApp Pay adalah salah satu inovasi digital yang sangat baik, yang akan memudahkan kegiatan berdonasi masyarakat Indonesia. “Beban kita belum selesai dalam menghadapi Covid-19. Untuk membagi beban tersebut, inovasi WhatsApp Pay, akan memudahkan masyarakat untuk gotong royong secara digital,” jelas Hendri.

Menurutnya, selain memudahkan bersedekah, aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk menunaikan ibadah kurban. Masyarakat akan semakin mudah berkurban dengan harga terjangkau sekaligus memberdayakan peternak yang saat ini juga terdampak pandemi Covid-19.

Di lain sisi, Yuniara Kuswinda, Transactional Business Division BNI Syariah, menyambut baik program Kurban Dompet Dhuafa tahun ini yang menggandeng BNI Syariah sebagai bank partner, untuk layanan transaksi perbankan menggunakan Virtual Account BNI Syariah. ( Baca:Kemendes Klaim BLT Dana Desa Tahap Pertama Sudah Cair Rp4,3 T )

“Dompet Dhuafa telah menjadi nasabah BNI Syariah sejak periode awal berdirinya BNI Syariah. Sejauh ini, kerja sama BNI Syariah dengan Dompet Dhuafa terkait dengan penyaluran bantuan kemanusiaan dan transaksi menggunakan rekening giro BNI Syariah untuk rekening penampungan Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF),” jelas Yuniara Kuswinda.

Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah memudahkan transaksi pembayaran kurban dan donasi melalui virtual account. Dengan menggunakan virtual account BNI Syariah, masyarakat dimudahkan dalam hal pembayaran. Karena menggunakan beberapa opsi pembayaran baik single bank, multibank, dan multi channel. Diharapkan dengan penggunaan virtual account, BNI Syariah turut mendorong target untuk program kurban Dompet Dhuafa tahun ini, sebesar 40.000 hewan kurban atau naik 60% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Di tengah pandemi, kenaikan transaksi online menjadi bukti tren positif masyarakat dalam bertransaksi. Maka, di sini saya optimistis bahwa kerja sama dengan Dompet Dhuafa tersebut akan mendapat sambutan baik dari masyarakat," pungkas Yuniara Kuswinda.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0830 seconds (0.1#10.140)