Pengalihan Rute KRL Dorong Target 1,2 Juta Penumpang per Hari

Rabu, 25 Mei 2022 - 19:25 WIB
loading...
Pengalihan Rute KRL Dorong Target 1,2 Juta Penumpang per Hari
Penumpang membantu penumpang lain menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (25/5/2022). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan melakukan pengalihan atau switch over jalur KRL di seluruh jalur di Stasiun Manggarai mulai Sabtu (28/5/2022).

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari komitmen pembangunan Stasiun Manggarai yang sesuai jadwal dan mengurangi double track.

“Dengan adanya perubahaan rute ini dapat mendukung pembangunan stasiun manggarai dan mengurangi double-double track ini dan dapat mendorong target 1,2 juta penumpang per hari dan ini juga dapat meningkatkan pelayanan jasa angkutan penumpang (KRL) dan kereta api jarak jauh dari dan ke provinsi DKI Jakarta,” kata Rode dalam Ngobrol Bareng Komunitas di Kemenhub, Rabu (25/5/2022).



Tujuan lainnya yaitu dapat meningkatkan pelayanan aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang antar kabupaten, antar kota maupun antar provinsi. Tak hanya itu, hal tersebut guna memacu dan memperlancar roda perekonomian masyarakat.

“Swith over ini diharapkan dapat menciptakan keselamatan, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa kereta api, di mana stasiun Manggarai (MRI) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di kelurahan Manggarai,” tututrnya.

Dengan selesainya proyek stasiun Manggarai sebagai stasiun pusat ini, direncanakan semua kereta penumpang jarak jauh dan menengah dengan terminus di stasiun Gambir akan dipindahkan ke stasiun Manggarai.

Kegiatan SO 5 ini dilakukan dengan mengaktifkan jalur sementara (temporary track) untuk Jalur 1 dan Jalur 2, sekaligus menutup Jalur 3, mengganti sistem persinyalan, serta memasang dan mengganti jaringan listrik aliran atas (JLAA) untuk menyesuaikan perubahan jalur.



“Total terdapat 8 titik pengerjaan saat SO 5 nanti dan akan menyambungkan Jalur 1 dan Jalur tiga yang temporary dengan yang existing dan menutup Jalur 3 sehingga pekerjaan struktur sipil bangunan gedung Stasiun Manggarai sisi timur bisa mulai dikerjakan agar target pengoperasian bangunan gedung di tahun 2023 bisa terealisasikan,” urainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0994 seconds (0.1#10.140)