Negara-negara Raksasa Penganut Sistem Ekonomi Kapitalis, Nomor 1 Sudah Lebih dari Seabad

Jum'at, 27 Mei 2022 - 14:13 WIB
loading...
Negara-negara Raksasa Penganut Sistem Ekonomi Kapitalis, Nomor 1 Sudah Lebih dari Seabad
Daftar negara yang menganut sistem ekonomi kapitalis di dunia. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Sistem ekonomi kapitalis merupakan sebuah sistem yang membebaskan masyarakat untuk mengatur ekonominya masing-masing. Dengan sistem ekonomi ini, maka setiap individu diberikan kebebasan untuk memiliki usaha, baik dengan skala kecil atau besar. Berikut adalah sejumlah negara kapitalis di dunia.

1. Amerika Serikat
Amerika Serikat (AS) menganut sistem ekonomi kapitalis dan memberikan kesempatan untuk pihak swasta mengembangkan perusahaannya. Sistem kapitalis di negara ini sudah terjadi lebih dari seabad lalu dan dilakukan juga di Eropa. Forbes menyebut, dari 27 juta perusahaan yang terdapat di AS, hampir seluruhnya adalah milik swasta. Ditambah, perusahaan-perusahaan swasta tersebut berkembang pesat di AS. Perusahaan swasta kecil dengan kurang dari 500 karyawan menyumbang 46% PDB nonpertanian.Baca Juga: China, Negara Mengaku Komunis tapi Sistem Kapitalis

2. China
Meskipun memiliki ideologi komunisme, namun China menganut sistem ekonomi pasar kapitalis. Terbukti, sebagian besar perusahaan yang ada di China adalah milik swasta. Secara sederhana, Bloomberg menyebut, dari 100 perusahaan teratas di China, 49 di antaranya adalah perusahaan swasta yang sangat berkembang. Sementara itu, sektor swasta menyumbang 54% dari total nilai 100 perusahaan besar di China. Jumlah ini naik 10% bila dibandingkan dengan tahun 2010. Beberapa perusahaan swasta besar yang berasal dari China serta mampu merajai pasar dunia adalah Alibaba, Huawei, dan Tencent.

3. Inggris
Sebanyak 5,6 juta perusahaan yang berdiri di Inggris merupakan milik swasta. Data tersebut terungkap dalam Research Briefing dari House of Commons Library di tahun 2021. Namun demikian, angka ini rupanya jauh menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang menyentuh angka 6,5%. Perusahaan swasta yang menjamur di Inggris tidak hanya bergerak di komunikasi, namun juga makanan hingga busana.Baca Juga: S enyum Soeharto saat Habibie Sebut Pembangunan sebagai Kapitalisme Kotor

4. Jerman
Nama-nama seperti Volkswagen Group, BMW Group, dan Otto Group sudah populer di kalangan masyarakat. Perusahaan-perusahaan besar tersebut merupakan perusahaan keluarga yang berdiri di Jerman. Selain tiga perusahaan itu, masih banyak lagi perusahaan di Jerman yang dimiliki oleh pihak swasta. Artinya, negara ini menerapkan pola kapitalisme atau pasar bebas. Ekonomi Jerman adalah salah satu yang terbesar di dunia, dengan produk-produk ekspor berkualitas tinggi. Sementara itu, perusahaan-perusahaan keluarga di Jerman tersebut memberikan sumbangan PDB sekitar 43%.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2360 seconds (10.101#12.26)