Bikin Cemas, Ramalan Bill Gates Mulai Terjadi di Semarang

Minggu, 29 Mei 2022 - 11:00 WIB
loading...
Bikin Cemas, Ramalan Bill Gates Mulai Terjadi di Semarang
Ramalan Bill Gates soal perubahan iklim mulai dirasakan warga Semarang. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ramalan Bill Gates soal perubahan iklim mulai dirasakan warga di Semarang. Dampak nyata climate change banjir rob dari Laut Jawa belum lama telah terjadi di Semarang, Jawa Tengah.

"Jika tidak segera diatasi bersama, maka cepat atau lambat umat manusia bakal merasakannya," kata Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dikutip melalui pernyataannya, Minggu (29/5/2022).



Menurut dia akibat perubahan iklim kenaikan muka air laut makin hari makin meningkat, yang bahkan kondisinya sudah di atas permukaan tanah. Menteri Basuki menyebut pembanguann tanggul di Semarang sebetulnya sudah mengkur dari kenaikan air laut sebelumnya.

Namun fakatanya, air laut lebih tinggi dari permukaan tanah yang menyebabkan beberapa wilayah di Semarang terendam air laut. Berdasarkan laporan, banjir rob setinggi sekitar 1,8 meter telah terjadi di atas muka laut. Sedangkan tinggi air laut yang terjadi saat banjir rob kemarin mencapai 2,1 mater.

"Kenaikan muka air laut itu tergolong signifikan. Antar bajir rob terkahir yang menjadi hitungan pemerintah dan banjir rob yang baru kemarin terjadi, mengalami kenaikan setidaknya 30 cm," kata dia.



Menteri Basuki pun berharap bersama dengan negara-negara yang tergabung di Forum Global Platform On Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 bisa saling bekerja sama untuk mengatasi dampak dari perubahan iklim. "Pelepasan emisi karbon yang tidak bisa dibendung bakal membuat perubahan iklim semakin cepat siginifikan terjadi," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)