Halal Bihalal dengan OK OCE, Sandiaga Uno Dorong UMKM Transformasi Digital Ciptakan Ekonomi Baru & Lapangan Kerja

Selasa, 31 Mei 2022 - 12:19 WIB
loading...
Halal Bihalal dengan OK OCE, Sandiaga Uno Dorong UMKM Transformasi Digital Ciptakan Ekonomi Baru & Lapangan Kerja
Saat halal bihalal dengan seluruh komunitas penggerak OK OCE, Sandiaga Uno mengatakan perekonomian Indonesia sudah mulai berangsur membaik Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) RI selaku Founder OK OCE, yakni Sandiaga Salahuddin Uno , menghadiri secara daring kegiatan jumpa halal bihalal dengan seluruh komunitas penggerak OK OCE di Indonesia, Senin (30/5/2022).



Sandiaga mengatakan saat ini perekonomian Indonesia sudah mulai berangsur membaik dan ada semangat untuk bangkit dan pulih. Namun, banyak dari para pelaku UMKM masih menghadapi tantangan ekonomi dampak dari pandemi Covid-19.

Ia mengungkapkan salah satu peran utama dari pembangkit perekonomian di Indonesia yakni adanya peran sektor UMKM. Dorongan kepada UMKM untuk terus maju selalu digiatkan salah satunya dengan digitalisasi.

"Pada 2023 pemerintah telah menargetkan 30 juta UMKM masuk ke pasar digital atau e-commerce. Berbagai kolaborasi bersama pemerintah daerah hingga swasta terus kita upayakan, sehingga dengan adanya digitalisasi diharapkan para UMKM dapat berdaya saing, menggenjot perekonomian, dan menembus pasar global," ujar Sandiaga Uno.



Ia juga mendorong pelaku usaha OKE OCE, untuk melakukan transformasi atau go digital. "Saat ini, baru belasan juta UMKM yang ter-digitalisasi. Inilah saatnya kita mengambil peran untuk membantu peralihan UMKM menuju era digital," tambah Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Ok OCE, Iim Rusyamsi, mengungkapkan OK OCE akan terus menciptakan ribuan lapangan kerja ke depannya dengan semangat dan dukungan seluruh penggerak serta berbagai progres penciptaan lapangan kerja di setiap tahunnya.

"Kami terus bergerak bersama OK OCE mencapai tujuan menciptakan lapangan kerja. Di awal tahun OK OCE memberi banyak benefit seperti, penerbitan 1.000 sertifikat HKI, pembuatan kemasan produk UMKM oleh sebanyak 5200 buah kemasan," kata Iim Rusyamsi.

Sementara itu, Founder OK OCE lainnya Indra Uno menyebutkan pentingnya komunikasi antarselama pelaku UMKM. Dengan adanya interaksi dan bertukar cerita tersebut, kata Indra Uno, nantinya para pelaku UMKM akan menemukan ide-ide yang terlintas di benaknya, sehingga dapat menghasilkan kolaborasi dengan inovasi-inovasi yang telah terlintas sebelumnya.

"Dari kolaborasi tersebut kemudian terciptalah sebuah transaksi. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus maka akan semakin meningkatkan transaksi yang mereka dapatkan. Maka, bagi para pelaku UMKM berbagi informasi adalah hal yang penting untuk terus dilakukan," kata Indra Uno.



Ia mengajak para pelaku UMKM terus berjuang menumbuhkan usaha komunitas dan perorangan serta lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya, kata Indra Uno, OKE OCE sebagai penggerak komunitas, platform, fasilitasi yang bertujuan agar penggerak dan anggota terfasilitasi untuk melahirkan usaha baru, menaikkan kelas, dan tumbuh kembang usaha baru bagi UMKM.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)