Kemenhub Genjot Pembangunan Terminal Sukabumi dengan Fasilitas Modern

Selasa, 23 Juni 2020 - 11:16 WIB
loading...
Kemenhub Genjot Pembangunan Terminal Sukabumi dengan Fasilitas Modern
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiady memastikan Kemenhub akan mendorong pembangunan Sukabumi City Hub di Terminal Ahmad Sanusi, Sukabumi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggenjot pembangunan Sukabumi City Hub yakni pembangunan fasilitas modern dengan hadirnya mal dan hotel yang terintegrasi Terminal Ahmad Sanusi, Sukabumi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiady mengatakan, proyek ini merupakan proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang pertama kali di Sukabumi. Pemerintah saat ini tengah mendorong beberapa skema dengan skema kerja sama seperti ini.

"Melalui kerja sama ini diharapkan pihak swasta dapat masuk dan pemerintah dapat pembiayaan sekaligus dapat keuntungan dari kerja sama ini. Saya tegaskan bahwa kerja sama ini tidak hanya semata untuk Kementerian Perhubungan namun untuk pemerintah secara keseluruhan," jelas Dirjen Budi di Jakarta, Selasa (22/6/2020).

Ia menilai bahwa dalam proses penilaian ini, peran dari Kementerian Keuangan sangat besar, terlebih berkaca dari proyek kerja sama sebelumnya di Terminal Tirtonadi di Solo, Jawa Tengah.

"Menurut saya yang berperan besar dalam proses ini adalah Kementerian Keuangan. Belajar dari pengalaman yang di Solo beberapa kali, namun ternyata angkanya tidak sesuai dengan kemampuan calon investornya. Sebelumnya kita telah melalui proses lelang sebanyak 2 kali, penawarannya ada namun gagal. Semoga hal tersebut tidak terjadi di Sukabumi dan kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik," katanya.

(Baca Juga: Menhub Minta Medan dan Surabaya Bikin Transportasi Terpadu)

Dia menjelaskan, dengan hadirnya Terminal Sukabumi yang dibangun dengan konsep city hub ini maka dapat menambah nilai dan fungsi terminal bagi masyarakat Sukabumi.

"Saya berharap peran serta dari Kemenkeu, yang perlu kita ingat adalah pemasukan pemerintah adalah peningkatan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat melalui kehadiran terminal. Kalau ini gol, maka akan kita ingat bahwa ini pertama kali revolusi terhadap pembangunan fisik terminal yang tidak mengandalkan APBN," imbuhnya.

Dia melanjutkan, pemilihan Terminal Ahmad Sanusi Sukabumi ini didasari beberapa alasan yakni Kota Sukabumi dipandang sebagai pusat pertumbuhan bagian Selatan tengah wilayah Jawa Barat. Terminal Ahmad Sanusi juga merupakan Terminal Tipe A yang melayani perjalanan hingga lintas Pulau Sumatera.

Selain itu Kota Sukabumi memiliki sektor pariwisata sebagai sektor andalan perekonomian Kota Sukabumi, sehingga perlu dukungan sarana dan prasarana yang menunjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4023 seconds (0.1#10.140)