Banyak CPNS Mundur, Kemenpan-RB dan BKN Bakal Dipanggil DPR Pekan Depan

Kamis, 02 Juni 2022 - 18:16 WIB
loading...
Banyak CPNS Mundur, Kemenpan-RB dan BKN Bakal Dipanggil DPR Pekan Depan
Fenomena pengunduran diri CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang mencapai ratusan orang lebih, membuat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Foto/Dok Sindo Photo
A A A
JAKARTA - Fenomena pengunduran diri CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang mencapai ratusan orang lebih,membuat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Lantaran hal itu, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPAN-RB ) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bakal diminta menjelaskan.

"Itu yang akan dibahas saat dalam RDP (Rapat Dengar Pendapat) nanti, pekan depan rencanaya akan ada RDP dengan PAN-RB dan BKN," ujar Anggota Komisi II DPR DI, Mardani Ali Sera kepada MNC Portal, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga: Banyak CPNS Mundur karena Gaji Kecil, Menpan RB: Kalau Mau Lebih Bisnis Saja!

Menurutnya hal tersebut penting untuk ditelusuri terkait banyaknya CPNS yang mengundurkan diri. Sebab menurut Politikus PKS itu mundurnya CPNS yang telah lulus seleksi cukup merugikan negara.

"Kami khawatir ini menjadi fenomena gunung es, yang mundur selama ini kan sudah 105, boleh jadi akan lebih besar lagi," sambungnya.

Mardani menjelaskan, dampak kerugian yang timbul dari banyaknya CPNS yang mengundurkan diri dikhawatirkan bakal mengganggu pelayanan publik. Sebab posisi yang seharusnya sudah di tempati oleh CPNS, karena mundur kembali kosong.

"Ini bencana, karena mereka yang sudah terpilih itu sudah mengisi formasi yang sudah lama di kaji dan diputuskan," lanjut Mardani.

Baca Juga: 6 CPNS Lolos Seleksi Pilih Mundur, Sekda Majalengka: Mungkin karena Gaji

Sedangkan untuk mengisi kursi yang kosong itu mau tidak mau harus kembali menggunakan anggaran dan harus melewati prosedur yang cukup memakan waktu kembali, yang mana seharusnya waktu tersebut seharusnya sudah bisa digunakan untuk bekerja.

"Dan untuk pengisiannya memerlukan prosedur dan waktu yang lama lagi. Dikhawatirkan ada sistem kerja yang terganggu,” kata Mardani.

Menurutnya fenomena ini memang bukan yang pertama kalinya terjadi ketika para CPNS memutuskan untuk mengundurkan diri padahal sudah diterima dan dinyatakan lolos secara seleksi.

"Ini memang bukan yang pertama, tapi tahun ini menjadi yang terbanyak hingga kurang lebih 105 orang, kalau sebelumnya paling 1 sampai 5 orang," pungkasnya.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1852 seconds (10.55#12.26)