7 Negara dengan Biaya Haji Termahal Tahun 2022, Nomor 4 Masuk Daftar Termiskin di Dunia

Sabtu, 04 Juni 2022 - 11:44 WIB
loading...
7 Negara dengan Biaya Haji Termahal Tahun 2022, Nomor 4 Masuk Daftar Termiskin di Dunia
Biaya haji di berbagai negara bisa berbeda-beda, ada yang relatif murah tapi ada juga yang mahal mencapai di atas Rp100 juta. Foto/Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS
A A A
JAKARTA - Biaya haji di berbagai negara tahun ini bisa berbeda-beda, ada yang relatif murah seperti di Indonesia yang sebesarRp39,8 juta tapi ada juga yang sangat mahal mencapai di atas Rp100 juta.

Seperti diketahui, setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19 , tahun ini pemerintah Arab Saudi kembali membuka pintu bagi Jemaah haji dari berbagai negara.

Dari total kuota 1 juta jemaah yang ditetapkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada tahun ini, 85%-nya dialokasikan untuk jemaah haji internasional.

Adapun untuk biaya haji tahun ini rata-rata mengalami peningkatan. Mengutip laman saudiarabianevisa.com, dua faktor utama yang menyebabkan peningkatan biaya haji yaitu inflasi dan regulasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Total biaya haji yang harus dikeluarkan jemaah haji dari masing-masing negara bisa berbeda-beda karena sejumlah faktor atau komponen yang masuk dalam perhitungan.

Di antaranya faktor negara asal jemaah, rute yang dipilih, paket yang dipilih termasuk maskapai penerbangan dan hotel tempat menginapnya, jumlah hari atau lama tinggal jemaah di Tanah Suci, serta layanan tambahan lainnya.



Sebagai catatan juga, jarak suatu negara ke Arab Saudi juga bukan menjadi penentu mahalnya biaya haji. Ada faktor lain seperti pendapatan per kapita masyarakat di suatu negara dan juga jumlah kuota jemaah haji suatu negara.

Berikut ini 7 negara dengan kisaran biaya haji termahal di dunia tahun 2022 yang dirangkum SINDOnews, Sabtu (4/6/2022):

1. Brunei Darussalam (USD12.200 - 17.600)
Tetangga Indonesia ini merupakan negara kecil namun kaya, terutama karena tambang emas dan minyak. Sehingga, pendapatan masyarakatnya pun tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2187 seconds (0.1#10.140)