Luhut Jamin Harga Minyak Goreng Stabil di Kisaran Rp15 Ribuan

Minggu, 05 Juni 2022 - 19:41 WIB
loading...
Luhut Jamin Harga Minyak Goreng Stabil di Kisaran Rp15 Ribuan
Menko Luhut memastikan stok dan harga minyak goreng di pasaran stabil, setelah larangan ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dicabut. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan stok dan harga minyak goreng di pasaran stabil. Hal itu dikarenakan meski ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) telah dibuka, tetapi diiringi pemberlakuan kebijakan DMO (domestic market obligation) dan DPO (domestic price obligatuion).

Oleh karena itu, dirinya meminta masyarakat untuk tenang karena pasokan minyak goreng dalam kondisi aman dan harganya terjangkau. Baca Juga:Dapat Tugas Baru Ngurusin Minyak Goreng, Ini 13 Jabatan Luhut di Era Jokowi

"Pemerintah mengimbau masyarakat tidak panik, tak perlu galau atau khawatir pasokan domestik berkurang atau harga meningkat. Ini kami pastikan tak akan terjadi," tutur Luhut dalam konferensi pers virtual, Minggu (5/6/2022).

Luhut mengatakan, sejak 1 Juni 2022, jumlah DMO yang ditetapkan pemerintah ialah sebesar 300 ribu ton minyak goreng per bulan atau 50% lebih tinggi dibanding kebutuhan domestik.

"Ini dilakukan untuk banjiri pasar domestik hingga dapat memudahkan masyarakat dalam mencari minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp15 ribu sekian," ungkap Luhut.

Baca Juga: Selesaikan Sengkarut Minyak Goreng hingga Sawit, Dengerin Nih Kata Luhut

Selain itu, pemerintah juga akan menyalurkan minyak goreng curah dengan HET di daerah yang tak terjangkau dengan program ini dengan baik, untuk kompensasi penambahan biaya angkut pemerintah akan memberikan kompensasi penambahan angka pengali ekspor.

"Melalui mekanisme ini program minyak goreng curah bisa dijangkau di seluruh pelosok Tanah Air," tandasnya.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1766 seconds (11.252#12.26)