Menjadi Generasi Cashless yang Cerdas Kelola Keuangan, Simak Tipsnya

Selasa, 07 Juni 2022 - 06:16 WIB
loading...
Menjadi Generasi Cashless yang Cerdas Kelola Keuangan, Simak Tipsnya
Ilustrasi foto/pexels/kindel media
A A A
JAKARTA - Seiring pesatnya perkembangan teknologi digital, transaksi nontunai kian diminati lantaran praktis, mudah dan aman.

Pakar keuangan Andhika Diskartes mengatakan, kemajuan industri pembayaran digital saat ini membawa berbagai manfaat dan kemudahan bagi masyarakat dan semakin mendorong terbentuknya masyarakat nontunai atau cashless society.

Namun, dengan hadirnya kemudahan bertransaksi untuk berbagai kebutuhan, masyarakat juga perlu memperhatikan serangkaian cara untuk bisa menjadi masyarakat cashless yang cerdas dalam mengelola keuangan.

“Berbagai pihak, termasuk para penyedia layanan pembayaran digital, semakin banyak menghadirkan rangkaian keuntungan dan kemudahan untuk pengguna. Contohnya adalah sistem QRIS yang dihadirkan untuk memungkinkan transaksi nirkontak yang aman dan praktis bagi pelaku bisnis dan pelanggan,” ujarnya, dikutip Selasa (7/6/2022).



Dia menambahkan, saat ini banyak kampanye rutin dan promo yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran digital agar masyarakat menjadi lebih hemat dalam memenuhi kebutuhan bertransaksi mereka.

“Berbagai kemudahan yang bisa dinikmati masyarakat ini harus disertai dengan kesadaran terhadap perencanaan keuangan agar masyarakat bisa bertransaksi secara cerdas dan leluasa sehingga tidak terjadi keborosan,” tandasnya.

Menurut Andhika, dibutuhkan cara-cara efisien dalam mengatur keuangan sehari-hari, khususnya sebagai pribadi yang melek terhadap perkembangan teknologi dan pandai memanfaatkan layanan nontunai.

Berikut ini tiga tips yang bermanfaat untuk diterapkan untuk bisa menikmati kemudahan bertransaksi secara nontunai namun tetap mencapai tujuan finansial masing-masing:

1. Disiplin Mengatur dan Menggunakan Anggaran
Menetapkan target finansial merupakan bagian paling mudah dari perencanaan keuangan pribadi. Adapun bagian tersulit adalah kedisiplinan saat mengambil keputusan dalam pengeluaran sehari-hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3504 seconds (0.1#10.140)