Cara Mudah Membedakan Antara PayLater dan Kartu Kredit

Rabu, 08 Juni 2022 - 09:00 WIB
loading...
Cara Mudah Membedakan Antara PayLater dan Kartu Kredit
Foto: Doc. Sindonews
A A A
JAKARTA - Siapa di sini yang masih menganggap bahwa PayLater dan kartu kredit merupakan sebuah metode pembayaran yang sama, namun caranya saja yang berbeda? Perlu Anda ketahui, meskipun memiliki konsep yang sama, yaitu gunakan sekarang dan bayar kemudian hari, ternyata terdapat beberapa perbedaan signifikan antara penggunaan PayLater dan kartu kredit.

Salah perbedaan paling mencolok antara PayLater Traveloka dan kartu kredit yaitu, dengan PayLater, Anda tidak perlu memiliki sebuah kartu berbentuk fisik untuk melakukan transaksi. Hal ini berbeda dengan kartu kredit, yang mana Anda harus memiliki bentuk fisiknya untuk bisa digunakan dalam melakukan transaksi tertentu. PayLater merupakan hasil dari kemajuan teknologi yang memungkinkan seseorang untuk bertransaksi secara cardless.

Lalu, selain dari segi bentuk fisik, apa saja lagi perbedaan dari PayLater dan kartu kredit? Berikut ini penjabarannya.

1. Jumlah Limit Pinjaman yang Berbeda
Meskipun mengusung konsep yang sama, tentunya terdapat hal yang membuat kartu kredit terlihat lebih eksklusif ketimbang PayLater. Secara umum, kartu kredit memungkinkan seseorang memiliki batas pinjaman kredit pada kartu yang mereka miliki dengan nominal lebih besar, sesuai dengan slip gaji yang ada.

Berbeda dengan PayLater, yang tidak mementingkan slip gaji, namun nominal peminjaman bisa lebih besar apabila Anda menggunakan fitur pembayaran PayLater secara berkala. Akan tetapi, untuk kondisi genting, PayLater memang selalu bisa jadi andalan terlebih ketika Anda ingin membeli produk tanpa harus membayar biaya kartu dan tambahan biaya yang lumayan.

2. Bunga yang Berbeda
Karena kartu kredit dapat dimiliki dengan cara melakukan pembuatan yang mengikuti tahap-tahap tertentu pada bank, kartu kredit biasanya memiliki jumlah bunga yang mirip-mirip di setiap bank, yaitu berkisar hingga 2%. Namun, peraturan tersebut berubah semenjak Covid-19 melanda, sehingga terdapat aturan baru di mana bunga tersebut diturunkan berkat dampak Covid-19.

Akan tetapi, hal ini jauh berbeda dengan PayLater. Karena PayLater merupakan hasil metode pembayaran yang digunakan oleh perusahaan, platform, hingga layanan jasa seperti PayLater Traveloka, bunga yang diberikan berbeda sesuai dengan aturan yang berlaku di sebuah perusahaan.

Biasanya PayLater di setiap perusahaan menentukan bunga berdasarkan limit PayLater yang berbeda di setiap pengguna. Limit ini dapat berbeda sesuai dengan seberapa sering dan berapa banyak nominal uang yang digunakan oleh masing-masing pengguna.

3. Berkas untuk Syarat Pembuatan yang Berbeda
Selanjutnya, hal mencolok yang membuat antara PayLater dan kartu kredit berbeda adalah syarat pengajuan yang diterapkan. Antara PayLater dan kartu kredit memiliki kebutuhan data yang berbeda. Biasanya, PayLater hanya membutuhkan informasi dasar dari penggunanya, mulai dari kartu tanda pengenal, dan informas-informasi tertentu lainnya.

Sedangkan untuk kartu kredit memiliki beberapa dokumen lainnya yang wajib dipenuhi. Mulai dari kartu tanpa pengenal, slip gaji, KTP, dan dokumen pendukung lainnya. Dokumen tersebut harus diberikan dalam bentuk cetak, karena pengajuannya harus langsung ke bank, agar pihak bank dapat memeriksa background keuangan dari seseorang yang hendak mengajukan kartu kredit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)