Siap Jadi Penopang IKN Nusantara, Sulbar dan Citilink Jajaki Kerjasama

Rabu, 15 Juni 2022 - 17:31 WIB
loading...
Siap Jadi Penopang IKN Nusantara, Sulbar dan Citilink Jajaki Kerjasama
Peluang kerjasama dengan Citilink ke depannya antara Pemprov Sulbar bersifat bussines to bussines (b to b). Pemprov Sulbar akan diwakili oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sulbar untuk pelaksanaan teknis. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) , Akmal Malik menjajaki peluang kerjasama dengan maskapai penerbangan, Citilink untuk membuka rute penerbangan ke Bandar Udara Tampa Padang di Mamuju, Sulbar. Hal ini dilakukan untuk memperkuat posisi Sulbar sebagai penopang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.



Selain itu, Akmal Malik berharap dengan pembukaan rute penerbangan baru dari Citilink menjadikan akses transportasi masuk dan keluar Sulawesi Barat makin mudah, pilihannya pun makin banyak.

"Kami berharap dengan makin banyaknya rute penerbangan ke Sulbar, akan membuat daerah ini kian terbuka, mudah dikunjungi dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," terang Akmal Malik usai pertemuan dengan maskapai Citilink di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Akmal menyebutkan, peluang kerjasama dengan Citilink ke depannya antara Pemprov Sulbar bersifat bussines to bussines (b to b). Pemprov Sulbar akan diwakili oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sulbar untuk pelaksanaan tekhnis.

Melalui pertemuan dengan beberapa maskapai penerbangan, Akmal Malik menegaskan posisi Sulbar yang siap menjadi penopang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara. Dia menegaskan, pihaknya siap mencari solusi terkait kendala direct flight atau penerbangan langsung dari dan keluar dari Sulawesi Barat.

"Melalui BUMD Provinsi Sulbar, rute penerbangan ke Mamuju akan diupayakan diperbanyak. Dengan demikian, Sulbar mempertegas posisinya sebagai penopang pembangunan IKN Nusantara," jelas Akmal Malik.

Menurut dia, penerbangan langsung ke Mamuju memungkinkan dilakukan. Akan tetapi, hal tersebut terkendala dengan kondisi Bandar Udara Tampa Padang di Mamuju yang belum tersedia stasiun pengisian bahan bakar pesawat atau jaringan pengisian avtur.

Akmal menuturkan, ada dua upaya untuk menjaga keberlanjutan penerbangan dari dan menuju Sulbar melalui Bandara Tampa Padang. Yakni melalui skema subsidi atau mengkreasikan berbagai kegiatan yang membuat orang mau datang dan berkunjung ke Mamuju.

"Sehingga kami mendorong agar sejumlah event skala lokal dan nasional bisa diselenggarakan. Event yang digelar harus menarik atau memberi daya tarik untuk orang datang berkunjung ke Sulawesi Barat. Kalau okupansi penumpang pesawat banyak, subsidi tidak perlu dilakukan," ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)