SKK Migas Nilai Pertamina Bisa Jadi Panutan dalam Pemberdayaan UMKM

Rabu, 22 Juni 2022 - 19:25 WIB
loading...
A A A
Produk yang didesain Rosita dibawa Pertamina ke beberapa pameran, salah satunya Inacraft. Saat ini, Rosita sudah mampu menembus pasar luar negeri seperti Korea Selatan, Amerika Serikar dan Uzbekistan. "Rata-rata pendapatan saat ini sebesar Rp25 juta per bulan," katanya.

Mitra Binaan lainnya, SanRah Food yang dikelola Lina Santika Rahmania dari Tangerang Selatan, juga melesat saat pandemi Covid-19. Lina menuturkan pada saat masyarakat tinggal di rumah akibat pandemi, konsumsi olahan makanan beku meningkat. "Semua orang pasti butuh makan. SanRah Food menyediakan alternatif makanan olahan mulai dari daging bebek, daging ayam, sapi, hingga ikan laut," tuturnya.

Berkat bantuan Pertamina, tutur Lina, omzet SanRah Food bisa meningkat menjadi Rp60-70 juta per bulan. Penjualan produk ini melalui jalur online sehingga sudah dapat merambah pasar internasional seperti Malaysia, Hong Kong dan Singapura. "Penjualan secara online melalui marketplace dan media sosial merupakan sebuah kemajuan besar bagi pengusaha UMK seperti saya sehingga dapat bertahan di saat pandemi," jelasnya.

(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)