Gelar Kelana Nusantara, Sandiaga Uno: Pelaku Ekraf Kunci Kebangkitan Ekonomi Nasional

Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:50 WIB
loading...
Gelar Kelana Nusantara, Sandiaga Uno: Pelaku Ekraf Kunci Kebangkitan Ekonomi Nasional
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pariwisata kembali menggeliat dan produk kreatif semakin terbuka pasarnya. Foto/Ist
A A A
LOMBOK - Kembali gelar program Kelana Nusantara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yakin sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreneur jadi kunci kebangkitan ekonomi nasional. Hal tersebut disampaikannya saat acara Kelana Nusantara di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (25/6/ 2022).

Baca juga: Beri Solusi Ekonomi dan Program Tepat Sasaran, Pendiri Sembalun Seven Summit: Sandiaga Presiden 2024!

"Setiap kabupaten/kota nantinya akan menyepakati subsektor ekonomi kreatif unggulan daerahnya, dan kemudian saling berjejaring dengan kabupaten/kota lainnya," ungkap Sandiaga.

Kemudian, dengan mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk gencar berinovasi dan meningkatkan kualitas, Sandiaga menambahkan, “Pariwisata kembali menggeliat, pelaku kreatif juga semakin terbuka pasarnya, ekonomi masyarakat dapat terus bergerak."

Melihat semangat dan antusiasme dari para pelaku ekonomi kreatif terhadap kegiatan Kelana Nusantara menunjukkan kebangkitan sudah di depan mata, peluang usaha sudah terbuka, lapangan kerja juga diciptakan. Sandiaga yakin Lombok akan mensejahterakan masyarakatnya.

Di Kota Mataram juga telah dilaksanakan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Pelaku Ekraf di tahun 2021, berlanjut pelaksanaan uji petik di Kota Mataram pada bulan Maret tahun 2022 dengan hasil kuliner ditetapkan sebagai subsektor unggulan daerah.

Kemenparekraf/Baparekraf sangat mengapresiasi partisipasi dari pemerintah daerah serta para pelaku ekraf dan aktor ABCGM lainnya yang telah berkolaborasi untuk mengembangkan kreativitasnya.

Program yang berpihak kepada UMKM ini menggunakan pendekatan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, sekaligus sebagai upaya untuk menghidupkan kembali semangat berkarya yang sempat redup dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19.



“Kita harus bergegas selesaikan tugas dan kita harus bergerak, bergerak, dan bergerak bangkit untuk menyesuaikan diri, terus aktif, berbagi inovasi bagi para entrepreneur untuk bisa terus membuka lapangan pekerjaan,” kata Sandiaga.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1100 seconds (10.177#12.26)