Siasat Memperkuat Branding dan Kolaborasi bagi UMKM

Rabu, 29 Juni 2022 - 23:23 WIB
loading...
Siasat Memperkuat Branding dan Kolaborasi bagi UMKM
ShopeePay menggelar sesi diskusi virtual bersama CEO Teguk Indonesia Maulana Hakim dan Founder Mad for Makeup Shirley melalui kanal Instagramnya, Selasa (28/6/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai salah satu tulang punggung ekonomi nasional harus mendapat perhatian dan dukungan dari semua kalangan, terlebih lagi di masa pemulihan pasca pandemi.

Untuk itulah, layanan pembayaran digital ShopeePay baru-baru ini meluncurkan buku panduan UMKM gratis berjudul “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay”.

Buku panduan UMKM ini merupakan hasil kolaborasi ShopeePay bersama ukmindonesia.id, portal edukasi pengembangan UMKM persembahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI. Tujuannya untuk mendukung geliat pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dan bangkit pasca pandemi.

Dalam rangka mengedukasi pelaku UMKM tentang berbagai topik yang tertuang dalam buku panduan tersebut, ShopeePay menggelar sesi diskusi virtual melalui kanal Instagramnya pada Selasa (28/6) bersama CEO Teguk Indonesia Maulana Hakim dan Founder Mad for Makeup Shirley.

Pada kesempatan tersebut, Maulana Hakim menekankan pentingnya branding atau identitas merek suatu usaha sebagai tombak senjata suatu bisnis dalam bersaing di pasar yang penuh akan kompetisi.

“Branding yang kuat akan memberikan suatu bisnis sebuah ciri khas atau pembeda yang akan membantu konsumen untuk mengingat usaha tersebut, dan pada akhirnya berpotensi memunculkan kesetiaan pada merek tersebut,” ujarnya, dikutip Rabu (29/6/2022).



Menurut dia, pembeda yang kuat sangat dibutuhkan di tengah ramainya kompetisi. “Untuk itu, harus dipastikan branding yang dibuat untuk usaha Anda berbeda dengan kompetitor dan menampilkan serta menonjolkan berbagai elemen yang menjadi ciri khas usaha Anda,” tandas pria yang sukses membuka 175 gerai Teguk di wilayah Jabodetabek, Bandung, Karawang, Garut, dan Cirebon.

Selain sebagai elemen pembeda suatu bisnis, Maulana pun menjelaskan bahwa branding memberikan kesempatan bagi suatu usaha untuk menceritakan kepada konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan lebih jauh lagi.

Oleh karena itu, pelaku UMKM harus memperhatikan betul pilihan dari berbagai elemen yang digunakan saat mengonsepkan branding usahanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3061 seconds (0.1#10.140)