Sri Mulyani Sebut Subsidi Rp520 Triliun Banyak Dinikmati Orang Kaya

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:31 WIB
loading...
Sri Mulyani Sebut Subsidi Rp520 Triliun Banyak Dinikmati Orang Kaya
BBM subsidi masih banyak yang dinikmati kalangan mampu. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa ada risiko dari penerapan subsidi terhadap barang. Diketahui bahwa pemerintah telah mengalokasikan subsidi energi sebesar Rp520 triliun.

Baca juga: Pertama Kali dalam 12 Tahun, Pendapatan Negara Tembus di Atas 100%

Dia menyebutkan, risikonya adalah subsidi tersebut justru lebih banyak dinikmati orang kaya atau masyarakat golongan mampu.

"Ketika menggunakan subsidi barang, ada risikonya, yang mengonsumsi barangnyalah yang menikmati subsidi. Jika dilihat, konsumsi BBM, listrik, dan LPG itu lebih banyak dipakai oleh orang yang mampu daripada yang tidak mampu. Jadi yang banyak menikmati Rp520 triliun itu orang kaya," ujar Sri di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Namun, dia menyebutkan bahwa pemerintah sendiri melakukan langkah pengambilan kebijakan yang lebih berhati-hati dengan risiko kenaikan inflasi yang masih membayangi jika subsidi dikurangi. Sri mengkhawatirkan risiko tersebut berpotensi menghantam daya beli masyarakat dan ketahanan APBN.

Baca juga: Buruan Daftar, Beasiswa Pendidikan Indonesia Tujuan Luar Negeri Ditutup Hari Ini

"Makanya kalau melakukan perubahan benar-benar harus hati-hati terhadap aspek-aspek yang tadi. Masyarakat belum sepenuhnya pulih dari dampak Covid, jadi dengan harga yang diatur, beban (masyarakat) bisa dikurangi," tandas Sri.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1331 seconds (10.177#12.26)