Mulai Besok Beli Pertalite Wajib Daftar Dulu, Ini PR Pemerintah

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:55 WIB
loading...
Mulai Besok Beli Pertalite Wajib Daftar Dulu, Ini PR Pemerintah
Mulai besok Pertamina akan resmi memberlakukan ketentuan wajib daftar untuk pembelian BBM jenis Pertalite dan solar subsidi di SPBU Pertamina. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Mulai besok Pertamina akan resmi memberlakukan ketentuan wajib daftar untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan solar subsidi di SPBU Pertamina. Konsumen yang merasa berhak bisa mendaftarkan identitas dan kendaraannya di website MyPertamina.

Langkah pengetatan atau pembatasan pembelian dilakukan agar penyaluran BBM bersubsidi lebih tepat sasaran dan juga mencegah over kuota.

Terkait hal tersebut, Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro mengatakan, ada beberapa antisipasi yang harus dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah pengoptimalan sektor transportasi.



"Kalau transportasi publiknya mapan seperti negara tetangga, saya kira masyarakat dengan sendirinya akan pindah ke sana dan konsumsi BBM dengan sendirinya akan berkurang," ujarnya dalam acara Market Review di IDX Channel, Kamis (30/6/2022).

Selain itu dia juga mengatakan bahwa pentingnya pengetatan pengawasan mengingat masih adanya tindakan penyelewengan BBM subsidi.

"Saya harap teman-teman di parlemen dan semua pihak bisa meningkatkan pengawasan agar tidak ada lagi tindak kecurangan di sini, jadi kesempatan untuk menyeleweng bisa tertutup," tandasnya.



Dia juga berharap agar semua pihak terkait bisa memastikan teknis pembelian BBM bersubsidi dengan aplikasi MyPertamina dapat dipastikan lancar.

"Karena memang implementasinya tidak sederhana. Namun, bagaimanapun ini adalah opsi yang terbaik mengingat terbatasnya opsi Pertamina itu sendiri," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)