Bio Farma Salurkan Pinjaman Modal Usaha ke UMKM Terdampak Covid-19

Kamis, 25 Juni 2020 - 23:39 WIB
loading...
Bio Farma Salurkan Pinjaman Modal Usaha ke UMKM Terdampak Covid-19
Salah satu mitra binaan Bio Farma yaitu JS Flowers (usaha bunga potong) di Jalan Kolonel Masturi, Kelurahan Cihideung, Kabupaten Bandung. Foto/Dok.
A A A
BANDUNG - Bio Farma menyalurkan pinjaman modal bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terdampak Covid-19. Pinjaman modal diharapkan mempercepat pemulihan ekonomi.

Kepala Divisi Pengelolaan Lingkungan & Sosial PT Bio Farma, R. Herry mengatakan, wabah Covid-19 bukan hanya memberikan dampak secara sosial dengan adanya pembatasan interaksi sosial tapi juga secara ekonomi bagi masyarakat.

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 96% pelaku UKM mengalami dampak negatif Covid-19. Dampaknya yaitu terhadap proses bisnis dan 75% diantaranya mengalami dampak penurunan penjualan yang signifikan. Kondisi ini menyebabkan penurunan kinerja keuangan bagi beberapa mitra binaan PT Bio Farma.

Oleh kananya, kata dia, perusahaan memberikan penyaluran program kemitraan dan kebijakan stimulus kepada mitran binaan. Ini sebagai mendukung pertumbuhan ekonomi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Bantuan PT Bio Farma, kata dia, diharapkan dapat melakukan penyerapan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Bantuan pinjaman modal usaha ini diberikan kepada beberapa mitra binaan yang mampu bertahan dan terus berkembang dalam situasi seperti saat ini.

Penyaluran program kemitraan pada masa transisi pasca pandemi Covid-19 ini, akan diberikan kepada 11 mitra binaan sebagai bentuk dukungan nyata perusahaan kepada para UMKM.

"Harapan kami dengan pemberian bantuan pinjaman modal usaha ini dapat memberikan semangat kepada para UMKM untuk bangkit dan melangkah kembali di tengah kondisi wabah Covid. Meski berat tapi pasti ada kesempatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM, sehingga dapat membantu pemerintah dalam memperkuat ekonomi negara," ujar Herry di Bandung, Kamis (25/6/2020).

Dukungan lain yang diberikan oleh perusahaan kepada para mitra binaan di masa pandemi Covid-19 ini dengan memberikan restrukturisasi pinjaman Program Kemitraan. Kebijakan stimulus ini diharapkan dapat membantu dan meringankan beban UMKM, sehingga dapat bangkit dalam situasi new normal.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)