Politeknik Baru Kemenperin Tawarkan Kuliah Gratis dan Ikatan Kerja Setelah Lulus

Rabu, 13 Juli 2022 - 06:14 WIB
loading...
Politeknik Baru Kemenperin Tawarkan Kuliah Gratis dan Ikatan Kerja Setelah Lulus
Politeknik Industri Petrokimia Banten memberikan kesempatan kuliah gratis, mulai dari pendaftaran hingga lulus, segini kuotanya. Foto/Dok
A A A
BANTEN - Politeknik Industri Petrokimia Banten memberikan kesempatan kuliah gratis, mulai dari pendaftaran hingga lulus. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan menerangkan, mahasiswa akan mendapatkan ikatan kerja dari berbagai perusahaan industri, sehingga dapat langsung bekerja sehabis lulus.

“Seluruh mahasiswa angkatan pertama Politeknik tersebut dibebaskan dari biaya kuliah, sehingga tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya semester, uang gedung, dan biaya kuliah lainnya sampai lulus,” jelas Arus.



Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan unit pendidikan dari BPSDMI Kementerian Perindustrian ( Kemenperin ). Terdapat 96 kuota mahasiswa angkatan pertama, atau 32 mahasiswa di setiap program Diploma Tiga (D3), yaitu Teknologi Proses Industri Petrokimia, Teknologi Mesin Industri Petrokimia, dan Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia.

Menurut keterangan Arus, sampai dengan saat ini terdapat 14 mitra industri yang telah menjalin kerja sama dengan Politeknik Industri Petrokimia Banten. Ke-14 mitra industri tersebut ialah:

1. PT. Chandra Asri Petrochemical
2. PT. Petrokimia Butadiene Indonesia
3. PT. Pupuk Indonesia
4. PT. Cabot Chemical Indonesia
5. PT. Polytama Propindo
6. PT. Petro Oxo Nusantara
7. PT. Mitsubishi Chemical Indonesia
8. PT. Trinseo Materials Indonesia
9. PT. Nippon Shokubai Indonesia
10. PT. Asahimas Chemical
11. PT. Lotte Chemical Titan Nusantara
12. Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia
13. Federasi Industri Kimia Indonesia
14. Skills for Competitiveness (S4C)

Dengan ikatan kerja, lulusan Politeknik Industri Petrokimia Banten dapat langsung bekerja di salah satu mitra industri tersebut.

“Tentunya, calon mahasiswa harus melalui serangkaian ujian terlebih dahulu. Pendaftaran telah dibuka pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2022 mendatang,” tambah Arus.



Masa pendaftaran Politeknik Industri Petrokimia Banten berlangsung pada 1-31 Juli 2022. Adapun ujian tes tulis yang terdiri dari tes Akademik dan Bahasa Inggris akan dilaksanakan pada 3 Agustus 2022, dilanjutkan dengan tes psikologi dan wawancara pada 13-14 Agustus 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)