Temui Jokowi di Istana Bogor, Direktur IMF Puji Kepemimpinan RI di G20

Minggu, 17 Juli 2022 - 18:50 WIB
loading...
Temui Jokowi di Istana Bogor, Direktur IMF Puji Kepemimpinan RI di G20
Presiden Jokowi menerima kunjungan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva di Istana Bogor, Minggu (17/7/2022). Foto/Instagram Sekretariat Kabinet
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menerima kunjungan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional / International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva di Istana Bogor.

Jokowi didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto.

Sri Mulyani memaparkan kunjungan Georgiva adalah untuk memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Indonesia saat menjadi tuan rumah G20 di Bali.

Indonesia dinilai memiliki fundamental ekonomi yang cukup terjaga di tengah situasi ekonomi yang menantang, terutama dari lonjakan inflasi yang disebabkan oleh adanya perang Rusia - Ukraina yang menyebabkan adanya kenaikan harga pangan dan energi.

"Bu Kristalia sangat menghargai bahwa Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah untuk tuan rumah G20 Finance Meeting antara Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral pada situasi dunia yang tidak mudah," kata Menkeu dalam unggahan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (17/7/2022).



Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menuturkan bahwa IMF akan berada di garda terdepan dalam mengatasi krisis ekonomi yang memberikan dampak terhadap negara-negara miskin.

Georgieva, terang Menkeu, meminta Indonesia mampu menjaga momentum presidensi G20 agar mampu memobilisasi dukungan negara-negara anggota untuk mendukung langkah IMF dan institusi global dalam mengatasi krisis pangan dan energi.

"Ini akan sangat penting karena jangan sampai kemudian kemampuan dunia internasional untuk mencegah krisis menjadi lemah dan membuat risiko menjadi sangat tinggi," paparnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)