Pemenang Sayembara Desain IKN Nusantara Dapat Hadiah Rp2,8 Miliar, Ini Daftarnya

Selasa, 19 Juli 2022 - 11:29 WIB
loading...
Pemenang Sayembara Desain IKN Nusantara Dapat Hadiah Rp2,8 Miliar, Ini Daftarnya
Ilustrasi. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyerahkan hadiah sebesar total Rp 2,8 miliar pada pemenang sayembara konsep perencanaan kawasan dan gedung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Konsep desain gedung IKN Nusantara yang disayembarakan adalah Kompleks Istana Wakil Presiden, Kompleks Gedung Legislatif, Kompleks Gedung Yudikatif, dan Kompleks Peribadatan.

"Saya yakin total hadiah ini bukanlah yang utama untuk para pemenang, tetapi kontribusinya dalam membangun IKN Nusantara yang menjadi kebanggaan sekaligus value," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/7/2022).



Adapun para pemenang sayembara sebagai berikut, untuk Kompleks Perkantoran Yudikatif juara pertama dimenangkan oleh karya berjudul Adil Ka’Talino, juara kedua, dengan judul karya Paramarta dan juara ketiga adalah Cakra Nusantara.

Sedangkan untuk Kompleks Istana Wakil Presiden diputuskan tidak ada juara pertama, namun terdapat dua karya yang ditetapkan sebagai juara kedua yakni karya berjudul Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan, dan juara ketiga dengan karya berjudul Dwi Arya Wibawa.

Sementara untuk kompleks peribadatan, tiga karya terpilih ditetapkan sebagai juara kedua yaitu karya berjudul Humanity Beyond Religion, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan AkuRukun.

Selanjutnya untuk Kompleks Perkantoran Legislatif juga diputuskan tidak ada juara pertama, tetapi terdapat dua karya sebagai juara kedua yakni Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia. Juara ketiga dimenangkan oleh karya dengan judul Lingkar Demokrasi.



Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara dibuka pada 28 Maret 2022 lalu. Proses Penjurian Tahap 1 dilakukan pada 6-10 Juni 2022. Selanjutnya Penjurian Tahap 2 dilakukan pada 20-22 Juni 2022. Dari total 248 pendaftar, terdapat 79 peserta yang lolos verifikasi dan sebanyak 60 peserta memasukkan karya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)