Pembangunan Ibu Kota Nusantara Diawasi Konsultan Jepang, Ini Penjelasan PUPR

Senin, 18 Juli 2022 - 17:27 WIB
loading...
Pembangunan Ibu Kota Nusantara Diawasi Konsultan Jepang, Ini Penjelasan PUPR
Kementerian PUPR akan melibatkan konsultan dari Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melibatkan konsultan dari Jepang , Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara .



Direktur Jendral Cipta Karya (CK) PUPR, Diana Kusumastuti mengaku, saat ini Kementerian PUPR sendiri belum memiliki pengalaman dalam membangun sebuah kota , sehingga diperlukan kerjasama dengan pihak lain.

"CK ini nanti akan menjadi konsultan untuk pengawas untuk seluruh bangunan dan juga kontrol, yang artinya melakukan quality control, karena memang kami Kementerian PUPR belum memiliki pengalaman untuk Membangun suatu kota," ujar Dirjen Diana di Kantornya, Senin (18/7/2022).

Lebih lanjut Diana menjelaskan, kehadiran JICA nantinya juga bakal menjadi pengawas pada pembangunan IKN Nusantara. Sehingga tugas CK nantinya akan dibantu oleh JICA dalam melakukan pengawasan pembangunan IKN Nusantara.

"JICA memang akan bergabung dengan kita. Tetapi JICA ini akan menjadi konsultan untuk mengawasi, pengawas untuk seluruh bangunan-bangunan kita dan juga untuk kontrol," lanjut Diana.



Selain itu menurut Diana, pembangunan yang bakal dilakukan dalam waktu dekat adalah kantor istana Wakil Presiden. Hal tersebut mengingat saat ini sudah ditemukan pemenang sayembara konsep pembangunan gedung tersebut.

Meski demikian pembangunan yang dilakukan dengan konsep Sayembara nantinya bakal digabungkan. Misalnya pada Sayembara konsep pembangunan istana Wakil Presiden yang mendapatkan 2 juara, nantinya akan gabung dalam realisasi pembangunannya.

"Masalah drainase, untuk perkotaan dan kawasan, kemarin kita sudah konsultasikan kepada ahli yang memahami masalah drainase," pungkasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)