Jokowi Sambut José Ramos-Horta, Sepakati Kerja Sama Indonesia - Timor Leste

Selasa, 19 Juli 2022 - 13:53 WIB
loading...
Jokowi Sambut José Ramos-Horta, Sepakati Kerja Sama Indonesia - Timor Leste
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022). FOTO/ANTARA/Hafidz Mubarak A
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Timor Leste sepakat menandatangani empat nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dari sektor pertanian, perhubungan, hingga perdagangan.

Penandatanganan tersebut dilakukan Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Manuel Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, hari ini.

Delegasi masing-masing negara menandatangani empat nota kesepahaman, yakni pada bidang pertanian, pergerakan lintas batas bus, standardisasi dan metrologi, serta kerja sama teknis pada bidang perdagangan.

"Kita membahas berbagai kerjasama bilateral dengan terbuka dan bersahabat, dan komitmen penguatan kerjasama ekonomi menjadi fokus pembahasan," ujar Jokowi dalam keterangannya disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Presiden Timor Leste José Ramos-Horta akan Berikan Kuliah Umum di UIN Jakarta

Menurut dia kesepakatan pertama yakni meningkatkan perdagangan 2 negara dengan melihat trend perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif. "Saya yakin perdagangan 2 negara bisa terus ditingkatkan," kata Jokowi.

Selanjutnya kesepakatan kedua, yakni memperkuat konektivitas, baik darat maupun laut. Untuk jalur darat Jokowi berharap peluncuran trayek bus rute Kupang Dili dapat segera dilakukan.

"Dan untuk konektivitas laut saya menilai pentingnya untuk membuka rute Kapal Kupang - Dili -Darwin," jelasnya.

Kesepakatan yang ketiga untuk memperkuat pembangunan perbatasan. Jokowi berharap pembangunan PLBN Napan dapat selesai tahun ini. "Dan saya juga mendorong agar joint border committee dapat dilakukan kembali," ungkapnya

Jokowi juga menyampaikan komitmen BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, termasuk di bidang infrastruktur.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1210 seconds (11.210#12.26)