UFRC 2022 Usai, Pertamina Siap Genjot Pemerataan Kemampuan HSSE

Jum'at, 22 Juli 2022 - 05:10 WIB
loading...
UFRC 2022 Usai, Pertamina Siap Genjot Pemerataan Kemampuan HSSE
Salah satu tim peserta Upstream Fire and Rescue Challenge (UFRC) 2022 tengah beraksi di HSE Training Center (HSE TC) Sungai Gerong, Palembang, Sumatera Selatan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tim Zona 8 PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) memenangi Upstream Fire and Rescue Challenge (UFRC) 2022 yang berakhir hari ini. PHM menduduki peringkat teratas setelah unggul di sebagian besar skenario pemadaman kebakaran dan penyelamatan di ajang tersebut.

Wakil Ketua Pantia dan Inisiator UFRC 2022 Surahman mengungkapkan, ajang UFRC yang digelar 18-21 Juli di HSE Training Center (HSE TC) Sungai Gerong, Palembang, Sumatera Selatan ini membuka mata manajemen bahwa ternyata masing-masing zona memiliki kemampuan HSSE yang berbeda.



"Untuk itu evaluasi dari kegiatan ini adalah bisa membantu dibuat perencanaan yang lebih komperehensif untuk bisa meningkatkan standar kemampuan atau meratakan kemampuan HSSE di setiap zona," kata Surahman, Kamis (21/7/2022).

Menurut Senior Analyst Emergency Response Crisis Management PHE ini, melalui UFRC pengetahuan HSSE yang sangat krusial di bisnis migas bisa disebar. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan bidang HSSE masing-masing menurutnya adalah dengan memanfaatkan fasilitas dan infrastruktur yang ada di HSE TC Sungai Gerong.

"Di sini fasilitas alat lengkap mulai dari rescue, fire fighting atau water rescue. Kami dorong setiap zona itu ke sini sehingga kompetensi training bisa sama," ujarnya.



Terkait kemenangannya di ajang UFRC 2022, Kapten Tim Zona 8 PHM Rachmad Dany menuturkan bahwa sebelum kompetisi, timnya terus mengintensifkan berbagai skenario rescue bersama dengan para profesional berpengalaman di perusahaan.

Rachmad juga mengatakan, ajang UFRC tersebut memberikan pengalaman yang sangat bermanfaat sehingga perlu diadakan secara berkelanjutan. Dia meyakini hal itu akan membantu para pekerja Pertamina, terutama yang ada di daerah operasi, selalu dalam kondisi siap tanggap bencana.

Menanggapi hal itu, VP Pertamina Corporate University Yan Martes Andreas mengatakan bahwa kegiatan UFRC memang sewajarnya dijalankan secara rutin. Tidak hanya bagi sub-holding upstream, tapi juga subholding lain di bawah Pertamina. "HSE TC Sungai Gerong itu bukan hanya untuk belajar, tapi juga untuk mengembangkan budaya HSE," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2779 seconds (0.1#10.140)