Ingin Punya Hunian Impian? Begini Cara Menabung Emas untuk Beli Rumah

Senin, 25 Juli 2022 - 11:59 WIB
loading...
Ingin Punya Hunian Impian? Begini Cara Menabung Emas untuk Beli Rumah
Menabung emas menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang merencanakan untuk beli rumah. Ilustrasi Foto/pexels/michael steinberg
A A A
JAKARTA - Menabung emas menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang merencanakan untuk beli rumah . Dengan kenaikan harga emas yang bisa mencapai 10% per tahun, menabung emas merupakan pilihan ideal untuk mendapatkan hunian impian.

Di antara sekian banyak instrumen investasi dan juga ragam produk investasi baru yang bermunculan, emas tetap menjadi pilihan menarik.

Pasalnya, investasi logam mulia ini cukup menguntungkan. Selain tahan terhadap laju inflasi, harga jual emas juga naik terus setiap tahunnya.

Bagi yang berencana membeli rumah atau sudah mengincar hunian tertentu, menabung emas kerap dianjurkan. Nantinya, emas yang ditabungkan itu bisa dicairkan ke dalam uang tunai dan uangnya bisa dipakai untuk membayar uang muka atau down payment (DP) rumah.

Baca juga: Awal Pekan Turun Seceng, Cek Rincian Harga Emas Hari Ini

Berikut ini cara menabung emas untuk beli rumah, dikutip SINDOnews dari laman galeri24.co.id dan 99.co, Senin (25/7/2022):

1. Manfaatkan Tabungan Emas
Langkah pertama adalah segera menabung emas. Ini bisa dilakukan dengan cara menabung emas secara mandiri di rumah atau menggunakan jasa menabung emas seperti di Pegadaian.

Menabung emas mandiri dilakukan misalnya dengan membeli emas batangan sekian gram secara rutin, kemudian emas tersebut dikumpulkan di tempat khusus di rumah.

Adapun tabungan emas di Pegadaian adalah sebuah layanan penjualan dan pembelian emas. Anda dapat menabung lewat Pegadaian dengan cara menyetorkan beberapa rupiah, dan nantinya uang tersebut akan dikonversi menjadi emas berupa logam mulia 24 karat.

Berat emas tergantung dari jumlah uang yang ditabungkan. Kelak uang yang ditabung tersebut berupa saldo emas yang dapat dicairkan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1638 seconds (10.101#12.26)