Bupati Anna: Pemkab Bojonegoro Akan Bangun Gedung BCH untuk Dorong Ekraf

Kamis, 28 Juli 2022 - 23:07 WIB
loading...
Bupati Anna: Pemkab Bojonegoro Akan Bangun Gedung BCH untuk Dorong Ekraf
Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Uno di Bojonegoro, Rabu (27/7/2022). Foto/Dok. Pemkab Bojonegoro
A A A
BOJONEGORO - Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro terus berupaya menyiapkan sarana dan prasarana untuk peningkatan ekonomi kreatif(ekraf). Dalam rangka itu, jelas dia, pada tahun ini akan dibangun gedung Bojonegoro Creative Hub (BCH).

Hal itu disampaikannya di sela kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ke Bojonegoro, Rabu (27/7/2022), dalam rangka membuka Bimtek SDM Ekraf TEMATIK (Temu Teman Insan Kreatif) subsektor periklanan dan sejumlah agenda lainnya.



Gelaran acara Bimtek di Eastren Hotel Jalan Veteran Bojonegoro tersebut merupakan upaya Kemenparekraf menambah lapangan kerja di sektor wisata. Bimtek tersebut dihadiri 100 peserta dari pelaku industri kreatif seperti subsektor kriya dan subsektor makanan minuman.

“Di ujung tahun ini InsyAllah Pak Menteri juga akan meresmikan gedung BCH/Bojonegoro Creative Hub. Ini adalah upaya pemerintah Bojonegoro memberikan fasilitas pada pelaku ekonomi kreatif,” ujar Bupati Anna pada kesempatan tersebut.

Sementara itu, dalam sambutannya Menparekraf Sandiaga Uno menilai langkah Bupati Bojonegoro merupakan strategi yang tepat. Hal itu menunjukkan komitmen Pemkab Bojonegoro untuk memberi ruang kreatif bagi industri baru ini. “Ke depan, yang Tematik ini kita usahakan menjadi bagian dari BCH,” ucapnya.



Ekonomi Kreatif saat ini banyak sekali diminati masyarakat, khususnya anak muda. Ekonomi kreatif juga memberi nilai tambah setiap industri sehingga semaki memantapkan Pemkab Bojonegoro untuk memberi fasilitas ruang publik melalui Bojonegoro Creative Hub. BCH sebagai gedung kreatif direncanakan dapat menampung 17 subsektor ekonomi kreatif.

Ketua Komite Ekonomi Kreatif Bojonegoro Handoko SHW menuturkan, pihaknya telah melakukan pemetaan ekonomi kreatif di daerah dan telah memberi rekomendasi kepada lintas OPD.Terkait rencana pembangunan gedung BCH, ia berharap bisa segera direalisasikan melalui DPKP Cipta Karya.

“Pembangunan ekonomi kreatif memang wajib disisir dari bawah. Ini sejalan dengan semangat bupati untuk membangun Bojonegoro yang partisipatif. Tahun lalu kami mengajak para konten kreator khususnya animasi dan desain interior untuk membuat perencanaan BCH. Alhamdulliah tahun ini telah diwujudkan,” tuturnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5800 seconds (0.1#10.140)