Bangun Ibu Kota Baru, Deretan Kota di Korsel Ini Diintip Menteri Basuki

Jum'at, 29 Juli 2022 - 16:38 WIB
loading...
Bangun Ibu Kota Baru, Deretan Kota di Korsel Ini Diintip Menteri Basuki
Selain untuk mencari potensi investasi, Menteri Basuki bersama Presiden pada kunjungan kali ini juga sekaligus melihat kota-kota smart city di Korea Selatan (Korsel). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Korea Selatan ( Korsel ). Selain untuk mencari potensi investasi, pada kunjungan kali ini juga sekaligus melihat kota-kota smart city.

Baca Juga: IKN Nusantara Terapkan Ekonomi Sirkular, Bappenas: Kita Berikan Contoh pada Dunia

Pada kunjungannya ke Negeri Gingseng -julukan Korsel-, lokasi pertama yang dikunjungi oleh Menteri Basuki adalah Kota Khusus Otonom Sejong dan secara de facto merupakan Ibu Kota Administratif Korsel. Kota Sejong dibangun dengan filosofi desentralisasi dan pemerataan pertumbuhan.

Bangun Ibu Kota Baru, Deretan Kota di Korsel Ini Diintip Menteri Basuki


Kota Sejong mulai dibangun sejak 2007 dan selesai pada 2019 yang disiapkan untuk mengatasi isu kesenjangan pembangunan antar wilayah yang terpusat di Kota Seoul.

Kota tersebut menjadi model baru desentralisasi sesuai dengan era demokrasi untuk meningkatkan standar hidup masyarakat dengan konsep Kota Cerdas (Smart City) yang mengintegrasikan teknologi pada semua aspek kehidupan.

Menteri Basuki melihat implementasi Kotabaru dan Kota Cerdas (Smart City) di Korsel tersebut yang dapat menjadi contoh bagus diterapkan untuk pengembangan Ibu kota Nusantara .

Baca Juga: Dikunjungi Petinggi JOIN Jepang, Menko Airlangga Ajak Kembangkan Smart City di IKN Nusantara

Selain itu dalam kunjungan kerjanya, Menteri Basuki juga akan meninjau Kota Busan yang menjadi proyek percontohan pengembangan kota cerdas di Korsel selain Kota Sejong.

Lokasi selanjutnya yang dikunjungi adalah pengembangan Kota Hijau Songsan yang merupakan pusat kota baru di wilayah Namyang-eup dan Songsan-myeon di Hwaseong, Gyeonggi-do, Korsel yang ditargetkan selesai pada tahun 2022.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1374 seconds (10.55#12.26)