Gapki Dorong Subsidi Minyak Goreng Tetap Dilanjutkan, Ini Alasannya

Senin, 01 Agustus 2022 - 16:35 WIB
loading...
Gapki Dorong Subsidi Minyak Goreng Tetap Dilanjutkan, Ini Alasannya
Gapki mendorong subsidi minyak goreng tetap dilanjutkan. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mendorong subsidi minyak goreng tetap dilanjutkan. Pemberian subsidi bertujuan membantu mengurangi beban masyarakat tidak mampu.

"Isu yang sekarang ini bukan hanya soal peningkatan ekspor dan harga TBS petani. Namun kita juga tidak bisa mengesampingkan minyak goreng dalam jumlah tertentu untuk masyarakat kelas menengah ke bawah tetap tersedia," kata Ketua Umum Gapki Joko Supriyono dalam diskusi virtual, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: 27 Perusahaan Minyak Goreng Bakal Disidang KPPU, Ini Daftarnya

Menurut dia dengan mekanisme subsidi tersebut diharapkan kebutuhan minyak goreng dalam negeri khususnya untuk masyarakat kurang mampu bisa tercukupi dengan baik. "Saya punya persepsi bahwa mekanisme subsidi terhadap kebutuhan 2,5 juta ton minyak goreng itu adalah jalan terbaik dilakukan dalam jangka panjang," jelasnya.

Hal senada dikatakan Ketua Tim Peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat FEB UI, Eugenia Mardanugraha. Pihaknya mendorong masyarakat yang membutuhkan diberikan bantuan langsung berupa minyak goreng kemasan yang dibagikan gratis atau dijual dengan harga subsidi.

Baca Juga: Kerek Harga TBS Sawit, Mendag Zulhas Siap Kirim 1 Juta Ton CPO ke China

"Tentu diperlukan riset yang lebih lanjut. Berapa harga subsidi yang dibutuhkan, siapa saja masyarakat yang membutuhkan, berapa jumlah penerimanya, dan berapa jumlah minyak goreng yang perlu disiapkan," terang Eugenia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1319 seconds (11.97#12.26)