Payroll Software Indonesia Terbaik Talenta by Mekari

Senin, 01 Agustus 2022 - 19:39 WIB
loading...
Payroll Software Indonesia Terbaik Talenta by Mekari
Pengaplikasian teknologi juga telah masuk ke software HR yang bermanfaat bagi perusahan. Salah satu bentuk teknologinya yaitu hadirnya payroll software Indonesia.
A A A
JAKARTA - Pengaplikasian teknologi juga telah masuk ke software HR yang bermanfaat bagi perusahan. Salah satu bentuk teknologinya yaitu hadirnya payroll software Indonesia.

Payroll atau pembayaran gaji berdasarkan perhitungan yang sudah dipotong dengan biaya lainnya.

Gaji yang diterima oleh karyawan tidak hanya melihat dari daftar kehadiran saja. Melainkan juga dihitung berdasarkan pemotongan asuransi dan penambahan uang lembur atau intensif. Menghitungnya secara manual tentu membutuhkan banyak waktu dan tingkat ketelitian tinggi.

Tetapi dengan bantuan payroll software Indonesia, proses pemberian gaji lebih mudah dan cepat. Apa itu payroll software, manfaat dan kelebihannya? Simak ulasan berikut hingga akhir untuk mendapatkan informasinya.

Pengertian Payroll Software Indonesia
Sebelum mengenal kelebihannya, Anda juga harus tahu pengertiannya terlebih dahulu. Payroll software adalah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan divisi HR di suatu perusahaan. Karena aplikasi ini mampu membuat rekapitulasi dan perhitungan secara otomatis pemberian gaji.

Meskipun secara otomatis, namun sistem yang ada di software payroll ini bisa di custom sesuai kebutuhan perusahaan. Sehingga payroll software ini bisa dipakai oleh banyak jenis perusahaan baik skala besar maupun menengah.

Payroll software menggunakan sistem cloud yang memudahkan penggunanya dalam mengakses karena web tersebut dapat diakses dengan ponsel dan PC. Di dalam software tersebut juga dapat terintegrasi dengan software lain.

Masalah pengelolaan gaji yang juga berkaitan dengan peraturan perundang-undangan tersebut juga dapat mengikuti aturan berlaku. Masalah keamanan tentu juga dibekali dalam software ini karena untuk mengaksesnya harus menggunakan sandi ataupun fingerprint.

Fungsi Software Payroll
Tentu aplikasi ini hadir untuk memudahkan pekerjaan divisi dalam perusahaan untuk mengelola gaji. Namun selain itu tentu ada fungsi lain dari payroll software Indonesia dari fitur-fiturnya. Berikut rangkumannya untuk Anda.

1. Pengelolaan Data
Software payroll ini mempunyai fitur pengelolaan data yang berfungsi untuk menghimpun data untuk keperluan pemberian upah.

Data yang dikelola dan dikumpulan di sistem payroll ini meliputi data diri, jumlah jam kerja, waktu cuti, jabatan pekerjaan, nomor rekening dan lain sebagainya.

Pengelolaan data ini juga bisa disesuaikan dengan pembaruan informasi. Sehingga pencatatnya tidak perlu lagi secara manual dan tidak mengganggu operasional perusahaan.

2. Proses Pemantauan
Payroll software Indonesia ini karena berfungsi sebagai pengolahan data sehingga bisa data yang ada bisa dipantau.

Proses pemantauan di software ini tampilannya berdasarkan real-time. Sehingga memudahkan proses penginputan payroll dan pengambilan tindakan jika terjadi pelanggaran jam kerja.

3. Perhitungan Nominal Upah
Sesuai nama aplikasi ini, didalam sistem yang dibuat tentu berfungsi untuk menghitung gaji masing-masing karyawan. Software ini bisa melakukan perhitungan sesuai periode yang dibutuhkan.

Baik gaji mingguan, bulanan dan penambahan bonus dan tunjangan pun bisa secara otomatis keluar hasilnya. Software ini diluncurkan untuk menyederhanakan proses perhitungan. Tujuannya tentu memberikan gaji tepat waktu dan akurat perhitungannya.

4. Perhitungan Asuransi
Selain berfungsi untuk menghitung otomatis gaji kotor karyawan. Software payroll ini juga bisa secara otomatis menghitung biaya asuransi. Biaya asuransi seperti jaminan kesehatan BPJS bisa langsung di dihitung dan dicatat secara rinci di payroll software ini.

5. Rekapitulasi Pembukuan Otomatis
Dengan menggunakan payroll software ini, Anda juga tidak perlu lagi melakukan rekapitulasi secara manual. Karena di dalam software ini mempunyai teknologi yang berfungsi untuk merekap data dan pembukuan gajian secara otomatis.

Keamanan data yang tersimpan di dalam buku online otomatis ini juga dilengkapi dengan enkripsi dan disimpan dalam cloud. Jadi tidak perlu lagi takut hilang dan memudahkan pencariannya saat dibutuhkan kembali untuk evaluasi.

Manfaat Penggunaan Payroll Software Indonesia
Banyak sekali fungsi yang ditawarkan dari fitur di dalam payroll software ini. Lalu apa saja manfaatnya bagi perusahaan yang menerapkan sistem ini? Berikut penjelasannya.

1. Meminimalisir Kesalahan Perhitungan
Selain proses perhitungan manual memakan waktu lama juga sering terjadi kesalahan akibat human error.

Dengan payroll software Indonesia proses perhitungan menjadi lebih cepat dan minim kekeliruan akibat salah perhitungan.

Karena di dalam software tersebut sudah lengkap dengan data-data yang saling berhubungan maka tidak ada lagi kesalahan input komponen antar pekerja satu dengan lainnya.

2. Memberikan Hasil Perhitungan dengan Akurasi Tinggi
Tidak perlu khawatir dengan hasil perhitungan dari software ini. Meskipun cepat namun hasilnya bisa dipastikan akurat. Karena sistem di dalam software ini sudah teruji kualitas dan performanya.

Apalagi di sistem ini juga bisa langsung menghitung gaji berdasarkan komponen yang dikehendaki perusahaan.

3. Proses Pemberian Gaji Terjadwal dan Fleksibel
Tugas HR yang banyak dan harus mengurusi persoalan gaji tentu menyita waktu. Penyebab ini yang membuat pemberian gaji sering kali terlambat. Tentu proses pemberian gaji yang lambat dapat mempengaruhi performa karyawan dan menurunkan tingkat kepercayaan.

Tetapi dengan menggunakan payroll software Indonesia, perusahaan tidak akan membayar gaji telat. Karena sistem didalamnya akan melakukan pembayaran berdasarkan jadwal yang telah diperintahkan. Selain bisa sesuai jadwal dengan beralih ke software payroll ini juga lebih fleksibel.

4. Proses Administrasi Lebih Rapi dan Aman
Aktivitas di perusahaan memerlukan penyimpanan administrasi untuk keperluan rapat tahunan dan evaluasi.

Administrasi yang dibutuhkan tentu juga melibatkan pemberian gaji setiap bulannya. Nah, dengan memakai payroll software ini bisa membuat administrasi rapi sehingga mudah dicari.

Hal ini dikarenakan sistem bisa melakukan rekapitulasi otomatis dan menyimpan hasilnya melalui cloud. Sehingga hal ini tidak hanya memudahkan proses yang berlangsung saja, melainkan juga memudahkan ketika data ingin digunakan kembali.

5. Efisiensi Jumlah Tenaga Kerja
Bagi perusahaan yang menggunakan payroll software Indonesia ini, maka juga bisa menikmati keuntungan dari segi efisiensi jumlah tenaga kerja.

Dengan kecanggihan dan sistem yang sudah terorganisir baik ini dalam menghitung dan mengelola gaji hanya memerlukan satu hingga dua staf saja.

Hal ini tentu membuat perusahaan tidak perlu mengeluarkan gaji lebih. Karena dengan sedikit staf saja bagian pengelolaan gaji ini bisa ditangani dengan baik.

6. Notifikasi Pemberitahuan
Sistem di dalam software ini juga dilengkapi notifikasi yang bisa memudahkan proses monitoring. Fitur notifikasi ini tentu membantu sekali sebagai pengingat apabila sudah mendekati tanggal gajian ataupun terdapat jatah kontrak habis dari karyawan.

7. Akses Informasi Secara Menyeluruh dengan Mudah
Kemudahan akses informasi ini bisa mudah Anda dapatkan jika menggunakan payroll software Indonesia ini.

Kemudahan ini tidak hanya bisa dirasakan oleh perusahaan melainkan juga karyawan di dalamnya. Karena dengan terhubung di jaringan internet saja bisa mengajukan cuti, menerima laporan gajian dan lain sebagianya.

Kelebihan Menggunakan Payroll Software Indonesia
Mengikuti perkembangan teknologi ini memang bisa membawa dampak baik, termasuk bagi perusahaan.

Sudah saatnya kini perusahaan Anda beralih ke proses pemberian gaji dengan memilih software payroll. Karena Anda bisa mendapatkan banyak kelebihan dari software ini seperti ulasan berikut.

1. Akumulasi Payroll Akurat dan Terjamin
Tentu sebagian dari Anda mempunyai alasan enggan beralih ke sistem baru karena keamanan dan akurasinya. Menggunakan software payroll Anda tidak perlu khawatir mengenai hasil perhitungannya dan keterjaminan datanya.

Memang masalah keuangan adalah hal yang cukup berisiko, tetapi memilih payroll software Indonesia terpercaya membuat masalah itu tidak akan dirasakan perusahaan Anda. Karena menggunakan software payroll dari Talenta membuat Anda akan mendapatkan hasil perhitungan akurat meskipun banyak komponen di dalamnya.

Selain itu pastikan saat memilih payroll software, Anda memilih perusahaan atau jasa yang mampu memberikan hasil pengelolaan gaji berdasarkan kebijakan terbaru di Indonesia. Sehingga jika sistem mampu menyesuaikan dengan kebijakan baru perusahaan tidak perlu direpotkan lagi.

2. Pembayaran Payroll Tersedia Banyak Pilihan dan Fleksibel
Menghitung gaji dan melakukan pembayaran gaji ke masing-masing karyawan adalah tugas yang mudah diselesaikan dengan software payroll.

Karena bermodalkan internet Anda dapat mengakses software ini secara mudah sehingga tidak perlu repot lembur di kantor untuk menangani persoalan gaji ini.

Apalagi di software tersebut juga disediakan banyak pilihan bank sesuai yang dimiliki karyawan. Perusahaan juga tidak perlu memusingkan biaya administrasi karena beda Bank karena dengan software payroll Talenta tidak dibebankan biaya administrasi.

3. Dapat Sekaligus Menghitung PPh 21
Payroll software Indonesia selain bisa menghitung biaya asuransi dan pemberian gaji juga sekaligus komplit dengan perhitungan PPh 21 bagi karyawan. Seperti yang Anda tahu bahwa pemberian upah di Indonesia selain di potong oleh asuransi juga terdapat potongan pajak PPh 21.

Dimana perhitungan PPh 21 ini perlu proses lama dan terdapat beberapa cara yang bisa dipilih untuk menghitungnya. Namun, tenang saja dengan beralih ke payroll software Indonesia perusahaan dapat memilih ingin menggunakan metode mana dan sistem dapat menyesuaikannya.

Sebagai informasi bahwa penetapan PPh 21 ini bisa melalui 3 metode yaitu Gross (upah kotor tanpa ditambahkan tunjangan pajak), Gross Up (upah bersih ditambah tunjangan pajak) dan Net (gaji bersih dengan pemberian pajak yang ditanggung perusahaan).

Payroll Software Indonesia by Talenta
Anda tidak perlu bingung untuk menemukan payroll software terpercaya untuk meningkatkan performa perusahaan. Karena Anda bisa mendapatkan software payroll berkualitas dengan banyak fitur dan keunggulan menarik dari Talenta.

Mengapa harus payroll software Indonesia by Talenta? Karena fitur dalam software-nya lengkap dan memberi banyak manfaat baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Jaminan keamanan data dan keakuratan hasil perhitungan gaji juga bisa Anda rasakan jika memakai jasa software Talenta.

Talenta juga telah mempunyai izin beroperasi dari Kominfo serta mendapatkan sertifikasi ISO dalam hal keamanan data. Software Talenta ini juga berbasis online dengan user interface sederhana sehingga penggunaanya mudah dan lebih fleksibel.

Fitur yang dapat Anda nikmati jika menggunakan payroll software Indonesia melalui link berikut ini https://www.talenta.co/fitur/software-payroll/ .

Talenta juga memiliki fitur beraneka ragam meliputi payslip, laporan payroll, kalkulasi payroll dan juga pembayaran payroll.

Tidak perlu ragu lagi mengenai pelayanannya, untuk mencoba keunggulan fitur dari software payroll ini Anda juga bisa menggunakan demo software dengan gratis selama 14 hari. Dengan begitu, Anda dapat lebih yakin dalam memilih software ini untuk perusahan.

Segera beralih ke cara pengelolaan gaji terkini agar operasional dapat berjalan efisien dan tingkat produktivitas bisa naik.

Informasi lebih lanjut mengenai detail fitur dan program dari payroll software Indonesia Talenta serta cara konfirmasi demo dan ingin menggunakan software payroll ini, Anda dapat mengunjungi tautan https://talenta.co, ya!
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2942 seconds (0.1#10.140)