BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal II-2022 Capai 5,05%

Senin, 01 Agustus 2022 - 20:24 WIB
loading...
BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal II-2022 Capai 5,05%
Aktivitas masyarakat akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal kedua tahun ini mencapai 5,05%, meskipun situasi dunia masih dibayangi sejumlah risiko. "Triwulan kedua pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,05%," kata Perry melalui Hasil Rapat Berkala III Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Senin (1/8/2022).



Dia mengatakan situasi perekonomian ke depan akan semakin membaik, terutama didorong konsumsi sektor swasta yang meningkat dan mobilitas masyarakat yang berangsur pulih. "Ini akan meningkatkan konsumsi swasta sehingga itu akan menjadi dorongan naik dan kinerja ekspor membaik, dan kebijakan fiskal," katanya.

Perry memastikan BI bersama Kementerian Keuangan akan terus melakukan koordinasi fiskal dan moneter untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu BI juga melakukan normalisasi kebijakan likuiditas melalui kenaikan giro wajib minimum (GWM) secara bertahap dan pemberian insentif GWM yang berlangsung tanpa menganggu kondisi likuiditas dan intermediasi perbankan.



"Penyesuaian secara bertahap GWM rupiah dan pemberian insentif GWM sejak 1 Maret-15 Juli 2022 menyerap likuditas perbankan sekitar Rp219 triliun rupiah," katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)