3 Tips Investasi Reksa Dana untuk Persiapan Pendidikan Anak dengan MotionTrade

Rabu, 03 Agustus 2022 - 17:18 WIB
loading...
3 Tips Investasi Reksa Dana untuk Persiapan Pendidikan Anak dengan MotionTrade
MNC Sekuritas memberikan tips untuk menyiapkan biaya pendidikan anak lewat investasi reksa dana. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, kini MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Pendidikan merupakan dasar yang sangat penting bagi anak-anak sebagai bekal untuk menjalani kehidupan. Untuk mengenyam pendidikan memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi biaya pendidikan kian melambung dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan dan pengelolaan keuangan sedini mungkin agar kebutuhan pendidikan buah hati dapat terpenuhi di masa mendatang, salah satunya dengan reksa dana. Berikut 3 tips dari MotionTrade bagi Anda yang ingin berinvestasi reksa dana untuk pendidikan anak, antara lain:

1. Tetapkan Tujuan Investasi dan Alokasi Dana

Sebelum mulai berinvestasi, sebaiknya Anda melakukan survei terkait biaya pendidikan yang saat ini berlaku, kemudian simulasikan kenaikan biaya atau inflasi di tahun ketika anak Anda akan memulai pendidikan. Setelah itu, Anda bisa menetapkan tujuan investasi sesuai kebutuhan, apakah untuk jangka pendek, menengah, atau panjang.

Sebagai contoh, saat ini usia anak Anda 2 tahun dan ingin menyiapkan biaya SD ketika anak Anda berusia 6 tahun, maka Anda memiliki waktu 4 tahun untuk berinvestasi. Tentukan alokasi dana sesuai kemampuan Anda, lalu lakukan simulasi pertumbuhannya selama periode 4 tahun. Dari simulasi ini, akan terlihat apakah investasi yang Anda lakukan akan menutupi kenaikan harga atau inflasi yang telah Anda simulasikan di awal.

2. Pilih Produk Reksa Dana sesuai Kebutuhan

Jika telah menetapkan tujuan investasi, pilihlah produk reksa dana sesuai dengan kebutuhan Anda. Reksa Dana Pasar Uang cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka pendek, yaitu kurang dari 1 tahun. Reksa Dana Pendapatan Tetap cocok untuk tujuan keuangan dengan jangka waktu 1-3 tahun dengan profil moderat konservatif. Sedangkan untuk profil moderat agresif, Reksa Dana Campuran cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu 3-5 tahun. Jika ingin memenuhi tujuan jangka panjang, Anda bisa memilih produk dari Reksa Dana Saham untuk investasi lebih dari 5 tahun. Selain itu, Reksa Dana Syariah juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berinvestasi sesuai prinsip syariat Islam.

Untuk memudahkan Anda memilih reksa dana, Anda bisa melihat profil dan kinerja produk reksa dana sesuai kebutuhan melalui aplikasi MotionTrade. Di Menu ‘All Fund’ saat ini tersedia 110 produk reksa dana, baik reksa dana konvensional maupun syariah dari 22 Manajer Investasi.

3. Disiplin dalam Berinvestasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)