Tips MotionTrade: Pentingnya Fund Fact Sheet untuk Investor Reksa Dana

Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:43 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Pentingnya Fund Fact Sheet untuk Investor Reksa Dana
MNC Sekuritas kini juga menyediakan beragam produk reksa dana. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, kini MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi dengan beragam jenis dan karakteristik yang dapat dipilih sesuai profil dan kebutuhan Anda. Untuk meminimalisir risiko investasi, maka Anda perlu lebih mengenal produk reksa dana yang Anda incar sebelum membeli, salah satunya melalui fund fact sheet. Fund fact sheet merupakan laporan yang disediakan oleh Manajer Investasi yang berisi ringkasan informasi dan performa dari masing-masing produk reksa dana yang dikelola.

Dengan membaca fund fact sheet, Anda dapat menjatuhkan pilihan pada produk reksa dana yang sesuai kebutuhan Anda dengan lebih bijak. Pentingnya menelaah fund fact sheet tentu saja tidak terlepas dari informasi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini 5 komponen penting dalam fund fact sheet, antara lain:

1. Kinerja Reksa Dana

Kinerja suatu produk reksa dana dapat dilihat melalui histori hasil pengelolaan produk investasi yang disajikan dalam bentuk grafik dan tabel, termasuk data imbal hasil. Investor dapat melihat kinerja imbal hasil reksa dana dalam rentang waktu tertentu, seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, bahkan sejak tahun peluncuran produk tersebut.

2. Alokasi Aset

Informasi ini berisi data terkait pembagian atau alokasi dana pengelolaan oleh Manajer Investasi ke dalam berbagai bentuk efek. Dengan melihat alokasi aset, investor dapat menilai apakah penurunan atau kenaikan NAB suatu produk disebabkan oleh perubahan strategi alokasi aset yang dilakukan oleh Manajer Investasi atau semata-mata karena kondisi market.

3. Informasi Pembanding

Informasi pembanding atau sering disebut benchmark merupakan informasi tambahan yang disediakan oleh Manajer Investasi untuk membandingkan kinerja produk reksa dana dibandingkan dengan indeks tertentu dari produk sejenis. Hal ini dapat menjadi salah satu indikator bagi investor untuk menentukan apakah kondisi suatu reksa dana masih dianggap baik (hold) atau sebaiknya dilepas (sell).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2366 seconds (0.1#10.140)