4 Pengusaha Wanita Terkaya di Indonesia, Nomor 4 Juragan Bodrex

Selasa, 09 Agustus 2022 - 10:25 WIB
loading...
4 Pengusaha Wanita Terkaya di Indonesia, Nomor 4 Juragan Bodrex
Daftar pengusaha wanita terkaya di Indonesia. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Empat pengusaha wanita terkaya di Indonesia. Kiprah perempuan Indonesia merambah ke berbagai sisi kehidupan, termasuk di bidang ekonomi atau bisnis. Jumlah perempuan yang terjun di dunia usaha kian hari kian meningkat.

Sejarah telah mencatat kiprah perempuan-perempuan hebat negeri ini. Eksistensi perempuan Indonesia saat ini tidak lepas dari jalan yang telah dirintis perempuan-perempuan generasi sebelumnya, yang turut berjuang untuk kesejahteraan bangsa ini. Menempuh jalan terjal, berikut 4 pengusaha wanita terkaya di Indonesia.

1. Rina Ciputra Sastrawinata dan Junita Ciputra

Keluarga Ciputra merupakan salah satu keluarga terkaya di Indonesia bahkan kekayaannya hingga USD1,65 miliar atau setara Rp 23, 59 triliun. Rina Ciputra Sastrawinata dan Junita Ciputra penerus kerajaan bisnis keluarga Ciputra.

Ciputra Group berdiri sejak 1981 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang real estate dan menjadi salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia hingga sekarang. Dilansir dari laman Forbes, Rina Ciputra Sastrawinata dan Junita Ciputra masuk ke dalam jajaran orang terkaya ke-26 di Indonesia. Baca Juga: Ini Daftar Miliarder AS dengan Anak Terbanyak, Ada Elon Musk

2. Marina Budiman

Marina masuk ke jajaran orang terkaya ke 30 di Indonesia versi Forbes. Bisnis Marina bergerak pada perusahaan pusat data yakni PT DCI Indonesia (DCII). Sebelumnya, Marina bekerja di Bank Bali tahun 1985. Lantas, pada 1989 bergabung dengan Sigma Cipta Caraka hingga 1994 mendirikan Indonet sebagai perusahaan penyedia layanan internet pertama di Indonesia.

DCI Indonesia didirikan tahun 2011 oleh Marina Budiman bersama Otto Toto Sugiri. Marina menjabat sebagai Co-Founder sekaligus Presiden Komisaris DCII. Berkat kesuksesannya merintis usaha, Marina Budiman mengantongi kekayaan USD 1,5 miliar atau Rp 21,45 triliun.

3. Arini Subianto

Menurut Forbes, Arini Subianto masuk ke jajaran orang terkaya di urutan ke 44 dengan kekayaan senilai USD975 juta atau setara Rp 14,4 triliun. Arini merupakan anak dari taipan Benny Subianto dan meneruskan kerajaan bisnis milik ayahnya yang meninggal Januari 2017 lalu. Di perusahaan Holding Keluarga Persada Capital Investama, Arini menjabat sebagai presiden direktur mengelola produk minyak kelapa sawit, kayu, batu bara dan karet. Baca Juga: Rajin Beramal, Posisi Daftar Orang Terkaya Bill Gates Digeser Pengusaha India

4. Kartini Muljadi

Pengusaha wanita satu ini tidak asing lagi. Kartini Muljadi seringkali masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia. Kartini adalah pemilik Grup Tempo induk dari perusahaan PT Tempo Scan Pasific Tbk. Perusahan yang bergerak di sektor farmasi dan consumer goods memproduksi Bodrex, Oskadon, Neo Rheumacyl dan sebagainya. Di lansir dari Forbes, Kartini Muljadi menjadi urutan ke 48 orang terkaya di Indonesia berdasarkan jumlah kekayaan senilai USD 630 juta atau setara Rp 9,07 triliun.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2541 seconds (11.210#12.26)