Lewat Inovasi, LAN Dorong Pengembangan Kompetensi ASN

Rabu, 10 Agustus 2022 - 20:30 WIB
loading...
Lewat Inovasi, LAN Dorong Pengembangan Kompetensi ASN
Plt. Menpan RB ad-interim Mahfud MD. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara (LAN) mendorong pengembangan kompetensi para Aparatur Sipil Negara (ASN). LAN terus berbenah agar bisa memberikan kinerja terbaik dalam mengawal kemajuan bangsa melalui pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur negara.

Plt. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) ad-interim Mahfud MD mengatakan bahwa pemerintah mendorong pegawai untuk memilih sendiri pembelajaran. Hal itu disesuaikan dengan kebutuhan lingkup pekerjaan.

Baca Juga: Mahfud MD: Motif Pembunuhan Brigadir J Sensitif Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa

Di era Learning 5.0 ini menjadikan setiap individu sebagai pusat learning yang bukan sekadar learn-what-to-learn tetapi lebih condong learn-how-to learn. Untuk itu pemerintah tidak lagi menyusun agenda pembelajaran dari tiap-tiap pegawai.

"Di sinilah peran penting LAN agar dapat menyesuaikan perubahan metode learning tersebut. LAN diharapkan dapat menjadi pilihan utama dan terpusat dalam pengembangan kompetensi ASN," kata dia dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (11/8/2022).

Mahfud mengapresiasi LAN yang telah mendukung pengembangan kompetensi ASN. Ia berharap, LAN dapat terus memberikan kontribusi melalui inovasi-inovasi pengembangan kompetensi yang lebih agile dan inovatif dalam rangka menciptakan world class governance.

Kepala LAN Adi Suryanto mengatakan, di usia ke-65 tahun ini LAN telah mencapai berbagai macam hal terutama dalam upaya menciptakan ASN yang profesional dan kompeten. Ia mengungkapkan, perjalanan LAN selama 65 tahun ini sangat berharga.

"Waktu membelajarkan kita semua untuk senantiasa mengawasi segala perubahan, maka berbagai tantangan birokrasi saat ini juga terus berkembang pesat, terutama dalam menghadapi lingkungan strategis yang selalu berubah, hal ini menuntut birokrasi untuk lebih agile," ungkapnya.

Baca Juga: LAN Gelar Diskusi Kepemimpinan: Tingkatkan Inovasi ASN agar Lebih Melek Teknologi

Kepala LAN juga mengapresiasikan pemerintah daerah, lembaga pelatihan dan seluruh stakeholder yang telah berkolaborasi dengan LAN untuk mewujudkan ASN yang kompeten. Tujuannya adalah untuk mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing.

Sebab itu, LAN memberikan penghargaan LAN Award kepada stakeholder yang telah berprestasi untuk terus mengawal pengembangan kompetensi ASN. Ada sekitar tujuh penghargaan yang diberikan LAN kepada para pemangku kepentingan lain.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1424 seconds (11.210#12.26)