Tak Mau APBN Jebol, Ini Permintaan Sri Mulyani kepada Pertamina

Kamis, 11 Agustus 2022 - 19:18 WIB
loading...
Tak Mau APBN Jebol, Ini Permintaan Sri Mulyani kepada Pertamina
Sri Mulyani meminta Pertamina mengendalikan konsumsi BBM subsidi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta PT Pertamina (Persero) untuk segera mengendalikan konsumsi BBM, terutama BBM jenis RON 90 atau Pertalite, dan juga BBM solar subsidi. Permintaan ini diutarakan karena Sri tidak ingin APBN yang selama ini menjadi shock absorber kemudian jebol karena tekanan yang ada.

Baca juga: Pusing Mikirin Inflasi, Sri Mulyani: Saya Minta Semua Jajaran Waspada

"Anggaran subsidi untuk Pertalite dan solar subsidi itu, kita akan menghadapi tekanan dari perubahan nilai tukar dan deviasi harga minyak serta volume yang meningkat. Makanya saya minta Pertamina untuk mengendalikan konsumsinya, ini supaya APBN tidak mengalami tekanan tambahan," ungkap Sri dalam konferensi pers APBN KITA edisi Agustus 2022 di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Tercatat, konsumsi BBM jenis Pertalite hingga Juli 2022 sudah mencapai taraf mengkhawatirkan. Angkanya sudah menembus 16,8 juta kiloliter (KL) dari kuota yang ditetapkan tahun ini, yakni 23 juta KL. Jadi kuota Pertalite tersisa hanya sebanyak 6,2 juta KL.

Baca juga: Kenali 3 Tanda ATM yang Sedang Dipasang Alat Skimming, Pahami Supaya Aman

Di sisi lain, angka konsumsi BBM jenis solar subsidi hingga Juli sudah mencapai 9,9 juta KL dari rencana kuota tahun ini sebesar 14,91 juta KL. Dengan angka tersebut, maka kuota yang tersisa hanya 5,01 juta KL.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1479 seconds (11.210#12.26)