Memberdayakan Media Sosial Tumbuhkan Wirausaha Baru

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:30 WIB
loading...
Memberdayakan Media Sosial Tumbuhkan Wirausaha Baru
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Media sosial dapat mendukung upaya menumbuhkan wirausaha baru . Langkah tersebut diperlukan untuk meningkatkan rasio kewirausahaan di tanah air.

Anggota Komisi I DPR Lodewijk F. Paulus mendorong kreativitas remaja secara positif dapat berguna untuk mengembangkan usaha. Platform media sosial banyak memberikan kemudahan mendekati pelanggannya di mana pun dan kapan pun.

"Remaja terbiasa dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari media sosial salah satunya mengembangkan ide kreatif untuk berwirausaha," kata dia dalam acara diskusi Aptika Kominfo, baru-baru ini.

Baca Juga: Bahlil Soroti Kampus yang Hanya Luluskan Karyawan tapi Minim Ciptakan Wirausaha Muda

Menurut dia banyak kemudahan yang diperoleh menciptakan usaha di era digital. Pemasaran dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka. "Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi yang relatif murah dan efisien. Berkomunikasi lewat chat, telepon, dan video call tentu lebih murah dan efisien dibandingkan dengan bertemu langsung," kata dia.

Dia menyampaikan bahwa mendorong ide kreatif berwirausaha di media sosial diyakini efektif menekan dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan medsos. "Kita harus selektif dalam menggunakan media sosial," jelasnya.

Tak hanya itu, manfaat lain media sosial juga memberikan kemudahan mengakses pembelajaran secara daring. Banyak platform yang menawarkan belajar mengajar secara online. Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Lampung Munizar mengajak generasi muda memanfaatkan media sosial ke arah positif seperti digunakan untuk menyalurkan ide kreatif berwirausaha.

Baca Juga: 30 Jurusan SMK Ini Punya Peluang Kerja Menjanjikan di Masa Depan

Selain itu, dapat digunakan untuk menyalurkan hobi secara kreatif sebagai sarana hiburan, seperti bermain game online atau hanya sekadar melihat-lihat foto dan video. Media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana belajar mengajar.

"Platform digital dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran di sekolah, seperti berkomunikasi, mengorganisir berbagai kegiatan, belajar secara daring, berbagi materi pelajaran, dan mengerjakan tugas sekolah," kata dia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1037 seconds (10.177#12.26)