Kenali 7 Tingkatan Merdeka Finansial dan Mulai Berinvestasi dengan MotionTrade

Selasa, 16 Agustus 2022 - 10:40 WIB
loading...
Kenali 7 Tingkatan Merdeka Finansial dan Mulai Berinvestasi dengan MotionTrade
Tujuh tingkatan kemerdekaan finansial yang telah dirangkum oleh MotionTrade. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, kini MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Sejalan dengan upaya pemulihan perekonomian nasional, masyarakat juga perlu memperkuat kondisi finansial masing-masing untuk mempersiapkan masa depan sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional. Upaya mempersiapkan masa depan dapat dimulai dengan melakukan perencanaan keuangan sedini mungkin. Namun, sebelum menyusun strategi keuangan, tentunya Anda perlu mengecek posisi finansial Anda saat ini. Berikut 7 (tujuh) tingkatan kemerdekaan finansial yang telah dirangkum oleh MotionTrade berdasarkan buku “Financial Freedom” oleh Grant Sabatier:

1. Kejelasan (Clarity)
Tingkatan pertama menuju kebebasan finansial adalah memeriksa kondisi keuangan Anda, misalnya total uang yang Anda miliki, besarnya utang (jika ada), dan apa saja tujuan Anda ke depan yang ingin diraih. Tanpa mengetahui komponen-komponen ini, maka Anda tidak dapat membuat perencanaan dan strategi yang tepat.

2. Kemandirian (Self-Sufficiency)
Pada tingkatan ini, Anda telah memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan Anda tanpa bantuan dari pihak lain, seperti orang tua atau keluarga.

3. Kelonggaran Finansial (Breathing Room)
Orang-orang di tahap ini memiliki uang lebih setelah mencukupi segala kebutuhannya. Uang tersebut digunakan untuk mencapai tujuan finansial lainnya, seperti mulai mengumpulkan dana darurat, berinvestasi, dan sebagainya. Meskipun Anda sudah memiliki kelonggaran finansial, tidak menutup kemungkinan Anda masih hidup dari utang.

4. Stabilitas (Stability)
Di tahap ini, Anda telah mampu membayar utang dengan bunga tinggi seperti kartu kredit dan memiliki dana darurat yang nilainya setara dengan dana darurat 6 bulan ke depan. Dengan dana darurat ini, Anda tidak khawatir karena memiliki jaring pengaman jika terjadi hal-hal yang tidak terduga, misalnya terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

5. Fleksibilitas (Flexibility)
Pada tahap ini, Anda telah memiliki dana darurat yang mencukupi biaya hidup delama 2 tahun. Dana yang besar tersebut tidak seluruhnya berbentuk tunai, namun dapat berupa berbagai bentuk investasi yang dapat dengan mudah Anda cairkan ketika dibutuhkan. Dengan demikian, Anda memiliki fleksibilitas untuk membebaskan diri dari tidak bekerja sementara waktu.

6. Kemandirian Finansial (Financial Independence)
Orang-orang yang telah mencapai tahap ini dapat hidup hanya dari pendapatan yang diperoleh dari hasil investasi, misalnya hasil sewa properti atau investasi yang menghasilkan bunga. Pada tahap ini, Anda menginvestasikan pendapatan Anda dalam persentase yang tinggi. Dengan begitu, Anda bisa bekerja lebih sedikit dan memiliki kendali lebih besar akan masa depan.

7. Kekayaan Berlimpah (Abudant Wealth)
Bagi Anda yang telah mencapai tahap ini, Anda telah memiliki kekayaan berlimpah yang jumlahnya lebih besar daripada yang dibutuhkan. Pada tahap ini, Anda tidak khawatir lagi akan perubahan portofolio investasi ataupun tentang uang.

Kenali posisi keuangan Anda dan mulailah berinvestasi sejak dini melalui aplikasi MotionTrade untuk mencapai kemerdekaan finansial di masa depan. Dengan Fitur ‘Open Account’, Anda dapat langsung membuka rekening reksa dana sekaligus saham melalui smartphone anda di mana pun dan kapan pun. Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas serta jelajahi seamless experience dengan mengunduh aplikasi MotionTrade di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

#MNCSekuritas #MotionTrade #MotionTradeDuluAja #GampangBeliSaham #YukInvestasiYuk #InvestasiReksaDana

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5049 seconds (0.1#10.140)