Peringati HUT ke-77 RI, BTN Merdekakan Masyarakat Melakukan KPR

Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:15 WIB
loading...
Peringati HUT ke-77 RI, BTN Merdekakan Masyarakat Melakukan KPR
Lewat program KPR BTN Bebas Edisi HUT ke-77 RI masyarakat bisa merdeka melakukan KPR. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada banyak cara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, mulai dari upacara bendera hingga perlombaan rakyat yang menghibur, seperti balap karung atau panjat pinang. Namun, PT Bank Tabungan Negara Tbk ( BTN ) punya cara tersendiri. Bank yang fokus pada properti ini memilih "memerdekakan" masyarakat dalam melakukan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk transaksi hunian impian. Adalah Program KPR BTN Bebas Edisi HUT ke-77 RI.



Senior Vice President Nonsubsidize Mortgage and Personal Lending Bank BTN Iriska Dewayani mengungkapkan, dengan KPR BTN Bebas Edisi Kemerdekaan, masyarakat benar-benar "merdeka" dari biaya-biaya saat pengajuan kredit, seperti administrasi, appraisal, dan BPHTB.

"Masyarakat cukup membayar down payment (DP) sudah bisa punya rumah impian yang selama ini diidam-idamkan," ungkapnya, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, lanjut dia, suku bunga KPR yang ditawarkan juga cukup ringan, mulai dari 2,22% fixed selama setahun, jangka waktu kredit hingga 30 tahun serta angsuran berjenjang. Sehingga, masyarakat yang bertransaksi rumah dengan skema KPR dipastikan lebih mudah tanpa beban biaya tambahan.

"Dengan begitu, masyarakat benar-benar merasakan 'kemerdekaan' dalam memiliki hunian impian," jelas Riska, sapaan akrabnya.

Berdasarkan survei dari IPEX Loyalty Members (ILM) kepada 3.600 calon pembeli, terungkap sebanyak 80% adalah milenial dan hampir 90% adalah calon pembeli rumah pertama yang tersebar baik di Jabodetabek maupun luar Jabodetabek. Untuk itu, BTN tentu akan memaksimalkan potensi yang ada. Upaya tersebut diharapkan dapat mendukung penyediaan pembiayaan perumahan yang layak kepada seluruh masyarakat, termasuk melalui subsidi maupun non subsidi.

Perumahan begi milenial mengedepankan konsep transit oriented development (TOD) yang telah dimulai sejak 2021. Kriteria model perumahan tersebut meliputi pembangunan bersifat mix concept, high density occupancy, rumah terjangkau dalam area bisnis, kawasan bisnis terjangkau, jalan setapak dan alur bersepeda, fasilitas publik, tempat parkir minim, ketersediaan bus/LTR/kereta, dan green building.

Riska optimis pasar properti segera bangkit setelah dua tahun mengalami pasang surut akibat pandemi. Pasca-pelonggaran aturan social distancing oleh pemerintah, perlahan namun pasti kepercayaan masyarakat untuk membeli hunian mulai tumbuh. Terbukti, transaksi properti pada ajang Indonesia Properti Expo (IPEX) bulan Mei lalu meningkat signifikan, bahkan jauh melampaui angka target yang ditentukan Bank BTN.



"Lantaran itu, kami kembali menggelar IPEX tanggal 13 - 21 Agustus 2022 di JCC Senayan, Jakarta. Saat pembukaan, akhir pekan lalu, disambut antusias oleh masyarakat. Di hari pertama, pengunjung membeludak. Melihat respons yang cukup tinggi tersebut, kami yakin transaksi pengajuan kredit bisa mencapai Rp2,5 triliun hingga akhir pameran," pungkas Riska.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)