Jakarta International Jewellery Fair 2022 Promosikan Perhiasan Berciri Khas Etnik

Kamis, 18 Agustus 2022 - 20:23 WIB
loading...
Jakarta International Jewellery Fair 2022 Promosikan Perhiasan Berciri Khas Etnik
Pembukaan pameran perhiasan ke 13 Jakarta International Jewellery Fair (JIJF) 2022 di Jakarta Convention Center.
A A A
JAKARTA - Pameran perhiasan ke 13 Jakarta International Jewellery Fair (JIJF) 2022 resmi digelar di Jakarta Convention Center. JIJF 2022 merupakan satu-satunya pameran di Indonesia yang diikuti oleh berbagai bidang usaha perhiasan dari dalam dan luar negeri, seperti pabrik perhiasan, distributor perhiasan, toko perhiasan, mekanika permesinan dan kemasan perhiasan serta desainer dan perajin.

Sekjen Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) Iskandar Husin mengatakan pameran perhiasan ini merupakan kegiatan usaha yang penting perannya dalam upaya pengembangan investasi di industri kreatif. “Selain itu juga perdagangan perhiasan serta pembukaan lapangan kerja di Indonesia,” ujar Iskandar Husin seusai membuka pameran perhiasan ke 13 Jakarta International Jewellery Fair 2022 di JCC, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

(Baca juga:Kilau Emas Memudar, Harga Emas Antam Turun Rp3.000/Gram)

Iskandar menuturkan, pameran perhiasan ini telah dimulai sejak 2003, 2005, 2010 sampai dengan 2019. Pada 2020 dan 2021 tertunda karena pandemi Covid-19.

Menurut Iskandar, digelarnya pameran perhiasan ke 13 Jakarta International Jewellery Fair 2022 ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk perhiasan kreatif dengan ciri khas desain etnik budaya.

Produk perhiasan kreatif tersebut merupakan hasil karya dengan menggunakan teknologi masa kini dalam industri perhiasan dan industri pendukungnya. “Pameran ini diharapkan dapat memajukan perdagangan perhiasan baik usaha kecil, menengah dan besar di Indonesia agar dapat tumbuh bersama untuk meningkatkan pangsa pasar dalam negeri dan pasar ekspor,” kata Iskandar.

(Baca juga:Terpikat Kilau Emas)

Pameran perhiasan ini, kata Iskandar, juga untuk mengedukasi masyarakat pencinta perhiasan dan perajin perhiasan sebagai tuan rumah di Indonesia. Apalagi Acara Pameran JIJF 2022 juga memberikan pelatihan secara sederhana kepada pengunjung untuk membuat perhiasan tanpa dipungut biaya. Sehingga upaya tersebut diharapkan dapat menumbuhkan UKM mandiri yang baru.

Pameran juga diisi seminar mengenai produk emas,talk showseputar perhiasan emas oleh artis Ibu Kota. Melalui rangkaian pameran perhiasan ini, Indonesia Jewellery Fair berharap dapat memberikan semangat kewirausahaan kepada anak bangsa melalui UKM yang maju, tangguh, mandiri dan juga dapat berperan sebagai motor penggerak dalam perekonomian nasional yang berbasis ekonomi kerakyatan di era pasar bebas.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)